Mari kita seruput Teh Garut

‘Aa, kamu sarapan dulu gak mau berngkat kerja?’

‘Boleh mah..’

‘Yaudah, oh ya, teh yang kemaren kamu dapet dari temen nya mau dibikinin gak?’

‘Eh iya ya, bikinin dong mah mau nyobain’

Dialog itu terjadi antara nyokap gue dan gue ketika beberapa hari lalu gue mau berangkat kerja dan sedang tergesa-gesa. Pas gue lagi ribet – ribetnya nyokap nawarin sarapan seperti biasanya, tapi kali ini nyokap juga nawarin buat bikinin teh yang gue dapat hari sebelumnya dari ikutan twitter quiz dari salah satu sahabat gue Mas Farchan ( @efenerr ).

Ya, beberapa hari yang lalu mas Chan (panggilan unyu nya) , berjanji mau ngadain kuis yang berhadiah sebungkus teh spesial dari Garut. Nah, beberapa hari kemudian juga, ketika gue lagi hectic dikerjaan sambil twitteranΒ  gue ngeliat di Timeline Twitter si Mas Chan mau bagi-bagi itu teh melalui kuis nya. Yaudah dengan mental #BanciKuis gue pun tergopoh-gopoh buka TL tuh orang dan mulai stalking. Ngiahahahha! Hufffftt biasanya stalking TL CEWEK orang sekarang stalking TL COWOK Orang. #random.

Pas banget ternyata doi baru mau mulai kuis nya. Jadi dia bakal bikin satu pertanyaan yang hadiahnya itu nanti adalah Teh Spesial dari Garut dengan kemasan 250g. Yang harus dilakuin cuma jawab satu pertanyaannya secepat kilat, tanpa hashtag macem-macem, cuma jawab, yang cepat dialah yang dapet.

Then, beberapa menit kemudian pertanyaannya nongol di TL ..

Pertanyaan nya..!!!

Well, setelah itu pertanyaan muncul gue sempat berpikir 5 detik tentang jawabannya. Jrit,Β  gak tau! Tapi, dengan cekatan dan jiwa seorang anak pramuka berpangkat siaga. Gue segera meluncur ke Mbah Google. Gue copy-paste tuh nama ‘Owen Wilson & Adrien Brody’ . Voila!~ terpampanglah di hasil pencarian paling atas judul film yang di bintangi 2 aktor Bolliwood tersebut. Tanpa pikir panjang, gue copy-paste itu Judul film di Tweetdeck gue dan … ‘Enter’ . Ngiahahahahah! “Your tweet has successfully sent” .The Power of Google and Tweetdeck!

Jawaban Gue!!!

Ok, setelah gue menjawab pertanyaan, gue menunggu hasil pengumuman dari Mas Chan sambil lanjut kerja. Beberapa menit setelah itu. Gue mendapati mention dari @efenerr yang bilang kalo gue yang dapet itu teh dan disuruh nge-DM alamat gue. Wooohhoooo!!!!

***

Kembali ke tanktop laptop ! Jadi setelah beberapa hari setelah kuis , gue mendapati sebongkah paket dari garut. Gue liat pengirim nya dan gue tau itu adalah teh dari si Mas Chan. Setelah gue buka bungkusnya secara binal..kemudian muncul seoongok bungkusan teh kaya gini..

Teh Garut Spesial!

Tuh syu! Ada tulisannya ‘Teh Pilihan, Cap Daun, H. Hoer” ! Wow! H. Hoer! Gue gak tau siapa doi, yang jelas dari namanya doi orang Garut! #YaiyalahChoy !

Seperti yang lo liat, teh itu asli beneran dari Garut, dari tanah Garut. Terbungkus dalam kemasan 250g (ga ada tulisannya, tapi kata Mas Chan kemaren itu 250g. Walau di bungkus plastik, tapi aromanya wangi sekali. Secara sekilas tekstur nya menurut gue agak berbeda dengan teh kebanyakan. Ini kebanyakan serpihan-serpihan kecil dan kaya apa ya, ada kaya bunga-bunga nya gitu. Kayaknya sih bukan bunga melati, tapi bunga teh itu sendiri, well CMIIW.

Well, FYI sebenernya Garut itu adalah salah satu daerah penghasil teh terbaik di Indonesia dengan skala pengiriman untuk ekspor yang cukup besar bahkan dibilang pesat sepanjang tahunnya. Gue baca di beberapa sumber sih, jadi teh dari Garut ini merupakan salah satu komoditas ekspor. Hasil perkebunan sebagian besar dikirim ke negara-negara di Eropa, Amerika, Jepang, Timur Tengah , dan lain-lain. Sedangkan sebagian kecil hasilnya untuk dijual di sektor lokal. Wew! Secara ilmu ekonomi nambahin devisa negara tuh! Bener gak!

Teh dari garut ini konon rasanya beda dan khas gitu deh. Well, kebanyakan jenis teh yang ditanam adalah teh hijau. Hmmmm…Jadi penasaran rasanya, sampe-sampe para bule banyak pesen ke sini.

Nah, nyokap gue sempet bikinin tuh teh untuk pertama kalinya buat gue. Pas lagi buru-buru mau ke kantor gue seruput dah tuh teh yang agak panas. Warna teh ini gak kaya teh tubruk kebanyakan yang dijual di supermarket. Biasanya kan warnanya coklat-coklat gitu ya, nah kalo ini agak hijau kekuning-kunngan menuju coklat gitu. Bingung? Ya pokoknya gitu deh, makanya beli!

Selain itu banyak seperti serpihan-serpihan butiran bunga gitu diatas gelas. Tapi bukan melati, dan aromanya juga jauh dari aroma melati menurut gue, khas cewek garut #eh.

Gue seruput….’Ahhhhhh’….

Hmmmm.. Kesan pertama yang gue rasakan, teh ini agak sedikit asam, well tapi bukan basi! Asem dilidah ini beda..Kaya ngingetin gue waktu sekolah dulu gue sering bikin teh lemon sendiri. Rasanya hampir sama tapi dengan tingkat keasaman rendah.

Gue langsung duduk dan rileks seketika. hahahah! Menikmati seruput demi seruput teh itu. Hmmm..Jujur gue udah lama banget gak minum teh dan meminumnya dengan rileks sambil santai atau baca buku. Udah lama banget!!!

Ketika minum teh itu terasa nostalgia ke masa dimana gue masih belia. Ngiahahaha..Masih sering ngeteh sambil baca buku, atau sekedar santai.

Aroma dan rasanya itu match banget buat hidung dan lidah. hmmm….Rasanya itu gimana ya..hmmm.. ya pokoknya gitu deh, susah dijelasin, makanya beli!

Tuh , kan gue jadi pengen minum itu teh sekarang!

Hahahah..pokoknya asik rasanya!

Well, terima kasih mas Farchan Noor Rachman atas hadiah kuisnya *emote dance*..

Serasa jadi pengen ke Garut deh. hahahah.. Setelah Googling, Garut lumayan keceh loh!!

Hohohoho..

Advertisements

7 thoughts on “Mari kita seruput Teh Garut

  1. Hahahha..saya yang harusnya bilang makasih karena dapet ini teh meski dengan bantuan google. LOL! Berasa cerdas gimana gitu,.. LOL.

    Siap mas, gampang itu..

    Bener,,! Teh itu emang enaknya dinikmatin sambil sante .. Baca buku atau ditengah ujan..Ahhhh..*buru-buru pulang*.

    Dan saya jadi penasaran sama Garut…Terutama cewek-ceweknya,,Huahahaha!

  2. Indonesia memang surganya pecinta teh.. banyak jenis / varian yg bisa dicoba..
    lihat salah satu picture di artikel ini entah kenapa gw langsung ke inget nikmatnya teh poci khas tegal yg dihidangkan dengan teko dan gelas dari tembikar disajikan hangat dengan gula batu.. sluuurppp.

    1. Hihihi..Jujur saya pun begitu..Dari balita , selain susu, teh adalah minuman kedua yang sering diberikan ibu saya kepada saya Dan sering dihidangkan kepada tamu dirumah (Selain air putih ) ..

      Salam CB Mas..

      Thx Sudah Mampir

  3. Met pagi Aa…kl blh sy tau, dimana sy Ƅΐ§α dapatkan Teh Putih itu…sy tinggal di Jakarta. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s