Pilihan

Image

Seminggu belakangan ini, hari-hari gue di kampus selalu dipenuhi dengan curhatan & keluh kesah Erin kepada cowoknya, cerita & minta masukan sama gue karena dianggap gue yang paling bijak & paling “sepuh” diantara yang lain. Juga dianggap sebagai orang yang paling dewasa, (dia gak tau aja gue juga punya masalah numpuk..masalah hati.. #uhuk).

Hidup itu tidak lepas dari pilihan-pilihan. Itulah pelajaran yang selalu gue dapet dari segala masalah yang gue hadapin dalam hidup gue (perasaan hidup lo penuh masalah amat Choy), ya kalo datar aja namanya bukan hidup, tapi jalan Tol Cipularang.

Ketika orang jatuh cinta, dia memiliki pilihan. Akankah ia terus mengikuti perasaannya & berusaha mendapatkan apa yang ia cintai, atau berhenti, berhenti karena lelah atau berhenti sebelum berusaha. Ketika ego merasuk jiwa & nafsu memegang kendali, kita juga masih sempat memilih, akankah kita menyakiti orang lain, atau berusaha menekan ego & nafsu? Ketika kita tersakiti, kita juga punya pilihan untuk memaafkan atau menyimpan dendam. Kita juga masih punya pilihan, ketika orang yang kita sangat sayangi melakukan kesalahan, akankah kita memberinya kesempatan atau tidak? Baik itu kesempatan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya sampai pada suatu titik kitapun mungkin lelah memberi kesempatan.

Kita selalu punya pilihan dalam hidup ini, apapun itu, baik atau buruk. Namun, satu hal yang pasti yang gue sadar dan ketahui dari itu semua, setiap pilihan memiliki konsekuensi yang berbeda. Ada akibat yang berbeda dari segala pilihan yang kita ambil. Akan menjadi apa dan akan bagaimana hidup kita selanjutnya adalah tergantung pula pada segala pilihan yang kita ambil dalam hidup ini. Setiap langkah yang kita ambil akan menimbulkan jalan cerita yang berbeda dalam hidup. Menyenangkan? Ada.. Menyakitkan? Pasti ada juga.. Disetiap cerita yang kita jalani atas pilihan yang telah kita ambil, pasti tidak selamanya berjalan mulus. Tidak selamanya indah, tidak juga selamanya susah dan menyakitkan. Yang kita butuhkan dalam menjalani itu semua adalah bertahan pada pilihan kita, nikmati dan ambil segala pelajaran yang ada disetiap kesempatan.

Bagaimana jika akhirnya sangat menyakitkan atau kita salah memilih pilihan?? Oh, kita juga masih bisa memilih kok. Akankan kita memilih untuk diam, terpuruk & berada pada kesalahan yang sama? Atau kita bangkit dan memilih untuk melanjutkan hidup dengan tujuan yang baru??

Kambali lagi, semua pilihan ada di tangan kita kok 🙂

Setiap pilihan, pasti ada konsekuensi nya 🙂

Terkadang, sebenarnya kita sudah tau akan konsekuensi pilihan yang kita ambil.

Selamat Malam!

Advertisements

7 thoughts on “Pilihan

  1. Mantaappp…Curcol banget….meski jlep jlep dibaca para jomblo yang belum dapet pilihan yang pas di dunia perjombloannya #curcoljuga hehehe 😀

      1. Ayookk banget…ntar DM yah kalo mo ke Solo biar aku bisa atur jadwal dulu *pura-pura sok sibuk* 😀

  2. suka sama kalimat ini : Terkadang, sebenarnya kita sudah tau akan konsekuensi
    pilihan yang kita ambil.

    tulisannya bermanfaat, bikin yang baca jadi lebih berani mengambil langkah terhadap sutu pilihan.

    1. Eh Uni, makasih udah mampir.

      Hihi.. Iya, terkadang emang kita udah tau kan apa konsekuensi dari pilihan yang kita ambil, meski itu sakit / buruk (misalnya) tapi kita tetep melangkah / ambil pilihan itu. Karena kita masih menyimpan harapan, pasti nanti akan ada titik terang diujung 😀 Ya, walaupun seringnya banyak yang sudah tau konsekuensiny namun masih tetap memilih pilihan itu, eh diujung malah menyesal & kesel sendiri 😀

  3. iya ya, daripada diam gak ada pilihan lebih baik berani memilih, padahal kalau gue milih sekarang, seperti buah simalakama, milih ini ada yang tersakiti milih itu ada yang tersakiti..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s