Kesempurnaan Berjarak 0.1

Hari yang ditunggu-tunggu tiba. Penantian setelah satu semester belajar dan berjuang keras buat mendapatkan awal yang baik akhirnya tiba.

Bahkan saking excited nya gue sampe dateng ke kampus pagi banget buat menanti pemngambilan KHS (Kartu Hasil Studi) yang memuat pencapaian gue selama satu semester ini kuliah.

“4! gue pasti dapet 4! IP gue pasti 4!”

Yang ada di otak gue cuma itu aja selama nunggu. Kenapa gue bisa sepercaya diri gitu? Beralaskan kok, pertama, UTS gue nilai nya A semua tiap mata kuliah, ditambah ketika UAS gue yakin banget gue dah ngerjain semaksimal mungkin dan menurut perkiraan gue bakal dapet Minimal 8 di setiap mata kuliah which means itu bakal menjadi A tiap mata kuliah.

Gue dan beberapa sahabat gue Egi & Dinda udah harap-harap cemas nerima KHS. Kami masuk ke sebuah ruangan dimana anak-anak satu jurusan Public Relation berkumpul dijadikan satu untuk mendapatkan hasil belajar mereka di bangku kuliah selama satu semester.

Egi & Dinda udah menerima KHS nya dan mendapati IP nya cukup memuaskan. Ketika gue maju kedepan buat ngambil IP dosen yang memberikan KHS udah menyampaikan sinyal baik dari mukanya. “yes! 4!” Dalam hati gue.

“Wah, kamu bagus banget IP nya, selamat ya..” Kata dosen tadi.

Ketika gue menerima KHS gue kaget dong. Seneng, kaget dan sebel.

Seneng, karena IP yang gue dapet tinggi banget menurut gue (as i predicted before), kaget karena IP yang gue harapkan gak sesuai target 😦 , sebel? “Yah! Kok IP gue 3.9 !”

3.9! Kurang 0.1 buat dapet IP 4 seperti yang gue targetin!! Arrgghh!

Gue liat dari semua nilai A yang berjejer ada satu nilai B yang nyempil dengan nyebelin nya 😦 , pas gue liat mata kuliah nya ternyata Mata kuliah Dasar – Dasar Fotografi 😦

“Kok bisaaaa!???” Teriak gue. Padahal tugas selalu ngumpulin, absen gue keceh, UAS gue gak ada masalah di jawaban atau pun tugas foto terakhir. Kok bisaaaa???? Dosen nya jahat, pikir gue.

Melihat reaksi gue kaya gitu temen gue pada mengumpat ke gue dengan alasan gue gak bersyukur. Hahaha! Iya iya maaf. Gue bersyukur, Alhamdulillah, cuma sebel aja kurang 0.1 dan seharusnya menurut gue sih gue bisa dapetin itu. Tapi, usut punya usut gue tanya semua anak yang IP nya tinggi dikelas ternyata semua dapet B untuk fotografi. Sial. 😀

Well, Alhamdulillah banget gue dapet IP segitu. Tapi ya tau lah Virgo, everything must be perfect hahaha! Alhamdulillah hasil belajar gue selama ini gak sia-sia. Pengorbanan gue buat keluar kerja dan milih kuliah pun jadi berasa ada artinya, banget.

Awal kuliah gue sempet ragu bisa dapet IP besar di awal kuliah. Gue pun menargetkan waktu itu IP minimal 3.5. Tapi, pas manager gue di kantor gue ajak sharing tentang masalah kuliah, dia ngasih gue kalimat yang ngubah pola pikir gue banget: “Loh, kenapa target minimal IP kamu 3.5? kenapa gak pasang target 4? Supaya kamu terpacu semangatnya dan ketika nilai kamu gak sesuai harapan, gak jauh-jauh dari 4.” sambil bercanda tapi kalimat itu ngena di otak dan hati gue. Mulai saat itu dan seterusnya gue selalu masang target tinggi dan usaha yang sejajar dengan target yang gue pasang. Supaya gue bisa dapet IP 4! Kalaupun jatuh , tetap di atas 3.5 😀 Voila! I did it!

Banyak orang bilang dan menyarankan gue ketika pertama kali kuliah, kalo dapet IP besar di kampus gue itu gampang, swasta, jurusannya juga PR , ah pasti gampang dapet IP besar. Kemudian membandingkan di kampus lain dengan status yang lebih bagus dan jurusan yang sama sebut saja kampus UX pasti bakal lebih susah banget dapet IP besar. Setelah gue ngejalanin proses belajar nya, eits! Jangan asal ngomong! Gue gak setuju! Menurut gue buat dapet IP tinggi (apalagi 4) gak ada yang gampang boi! You need effort to get it! Gak bisa asal dan leyeh leyeh! Buktinya, kalau itu gampang seisi kelas gue banyak yang dapet IP 3.6 keatas dong? Nyatanya banyak juga yang dibawah itu.

“Yah elah Choy, kampus lo & jurusan lo begitu? Pantes dapet IP segitu. Gampang! Coba di Ux..” , Mau gue gampar??

Enak aja lo ngomong gitu! mau kampus atau jurusan apapun itu tergantung gimana usaha lo ! Kalo lo usaha ya wajar dong dapet hasil memuaskan, kalo gak usaha ya susah juga dapetin nilai bagus.

Seandainya gue di Kampus lain pun gue mungkin akan berusaha dapetin IP besar. Sebesar mungkin.

IP emang bukan segalanya, tapi hey, untuk kampus swasta kaya gue, umur seumur gue, persaingan ketat di luar sana, gue butuh IP tinggi untuk setidaknya dilirik. Tanpa itu, gue “nothing”, dan sia-sia gue keluar kerja buat dapetin IP kecil. Mending gak usah kuliah.

Buat dapetin IP itu juga gue harus lewatin perjalanan cukup susah, ngadepin tekanan di kampus dimana harus bersain sama anak-anak yang lebih muda dan fresh otak nya. Belum lagi drama dalam hidup gue yang kadang ngeganggu kuliah. Tapi Alhamdulillah bisa gue lewatin.

Buat gue IP 3.9 belum sempurna, tanpa 0.1 itu gak jadi sempurna. Tapi gue bersyukur dapet segitu, seenggaknya gue makin semangat buat dapet IP 4! Mungkin kalo gue dapet 4 sekarang, gue akan jadi leyeh-leyeh dan agak besar kepala. Mungkin..

Perjalanan masih panjang, masih harus gue tempuh dengan sabar dan kerja keras. Jalan di depan pun pasti lebih susah lagi.

Harapan gue sih, semoga setelah ini gue makin semangat dan bisa dapetin IP 4 terus, atau setidaknya gak boleh turun dari yang sekarang. 🙂

Pelajaran yang gue dapet :

1. I am not stupid
2. Imperfection makes you thinking that you must be better than it and be the best.
3. I can prove to some people, to my parent that My words are not bullshit.
4. I am serious!
5. Don’t always think negative to something or someone :))
6. You can get anything if you believe and give the best effort that you can do.

#noted #happy #IAmNotABullshitPerson

Doakan saya terus ya!!!!

Advertisements

6 thoughts on “Kesempurnaan Berjarak 0.1

  1. selamat yaa
    saya jg dulu di swasta jurusan non eksak
    tp blm pernah smp IP segitu. rekor tertinggi saya cuma 3,88 semester 2 😉
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s