Perjalanan Menuju 23

Happy Birthdau Ochoy
by : @pramoeaga

Hahhh! 23 Tahun!

Gak kerasa umur gue udah berkurang sebanyak 23 tahun dari credit yang dikasih Allah. Alhamdulillah ternyata masih dikasih hidup sampai umur segini.

Me-review perjalananan gue selama setahun kemarin, yaitu perjalanan gue selama menjadi seonggok pria berumur 22 tahun banyak banget suka, duka, dan pelajaran-pelajaran yang gue dapet selama setahun. Men…… jadi pria dewasa itu ternyata gak gampang! Seenggaknya berusaha menjadi dewasa, itu gak gampang! HAHAHAHA

Proses transisi dari anak abg ke pria dewasa itu prosesnya buat gue pribadi cukup berat. Berat karena gue harus meninggalkan kebiasaan lama yang udah gak pantes kalo dilakuin sebagai pria yang mau jadi dewasa. Gue harus ngilangin sifat egois gue, kekanakan gue, sifat boros gue, sifat males gue dan sifat-sifat lainnya.

Selama perjalanan gue di umur 22 tahun, gue sadar gue banyak buat salah, baik salah terhadap diri sendiri, orang tua juga, orang-orang lain yang ada disekitaran gue. Selama itu juga gue sering membuat kecewa dan gak ngehargain orang lain, khususnya sih orang yang udah sayang banget sama gue.

Diperjalanan gue itu juga gue mesti melakukan perjuangan loh! Banyak perjuangan yg mesti gue laluin, ya namanya idup ya gak, pasti selalu erat kaitannya dengan perjuangan. Mulai dari perjuangan dapet IP bagus selama dua semester ini di kampus, perjuangan di salah satu ajang duta pariwisata Abang Mpok Depok 2014 yang mana juga gue disitu harus mengorbankan salah satu kerjaan dan mata pencahariaan gue serta harus tetap pertahanin nilai-nilai kuliah gue. Perjuang gue ngecilin perut dan jadi sosok idaman “dia” ketika perut dan badan gue bertambah besar (yang ini gagal, perut gue masih buncit!). Terus juga gue berjuang ngelawan ego gue ketika harus build relationship baru dengan seseorang yg hilang kepercayaannya ke gue. Bro! Mengembalikan kepercayaan dan hati seseorang yang udah rusak itu susah! Ibarat kata orang kertas yg udah dilecek gak mungkin bisa jadi mulus seperti awalnya. Berjuang membangun relationship yang akhirnya harus kandas juga karena sifat gue yg gak bisa dewasa. Berjuang apa lagi ya? Ya banyak deh gak cukup kalo disebutin satu-satu!

Gue bersyukur selama perjalanan gue di umur 22 tahun gue selalu diberi rejeki yang gue butuhkan, diberi sahabat-sahabat baik itu dari kampus, dari Abang Mpok Depok, dari orang yang tadinya gue gak kenal, dan lain-lain yang semuanya baik-baik dan selalu memotifasi dan dukung gue dalam banyak hal.

Gue juga bersyukur dikasih “dia” yang selama ini ngasih gue pelajaran banyak banget, mulai dari hidup, relationship, dan juga pelajaran mengendalikan diri dan ego. Bersyukur kenal “dia” yang udah ikut membantu mendewasakan gue selama ini. Makasih 🙂

Gak lupa pasti gue bersyukur banget masih dikasih orang tua yang selalu support gue apapun yg gue lakukan, selalu menguatkan gue dan selalu memotivasi gue untuk bisa hidup lebih baik dan berjuang buat mereka. Karena selaknya gue hidup bukan hanya buat diri gue sendiri, tapi juga untuk mereka, orang tua yang gue sayang.

Tahun ini beberapa kali gue melakukan perjalanan, ke Solo ketika beberapa hari gunung kelud erupsi, ke Yogya untuk menghadiri wisuda sahabat gue, ke Malang untuk bertamu ke Semeru sekaligus menyembuhkan hati gue yang kemarin sempet kecewa dan sedih banget karena patah hati, ke Yogya lagi untuk ketemu sahabat gue dan juga sharing masalah membangun hubungan, semua perjalanan yang gue lakuin juga ngasih gue banyak pelajaran dan menambah pengalaman hidup gue, serta tentunya nambah sahabat-sahabat baru.

Beberapa pelajaran berharga yang gue tangkep dari perjalanan menuju 23 tahun ini beberapa diantaranya yaitu :

1. Jangan takut untuk mencoba.

2. Hargai orang lain sebelum lo mau dihargai balik, terlebih hargai orang yang udah tulus menyayangi lo.

3. Balas dendam itu gak baik, gak ada baiknya, sama halnya menyimpan dendam.

4. Karma does exist, well kalo gak percaya karma, percaya aja ada hukum sebab-akibat, apa yang lo tanam, itulah yang lo tuai.

5. Jangan pernah menyerah, apapun yg lo lakuin, tetap fokus dan semangat karena sesuatu pencapaian akan terasa lebih manis kalo dicapai dengan perjuangan.

6. Jagalah kepercayaan orang yg menaruh kepercayaan sama lo.

7. Setiap orang bisa berubah, beri kesempatan sama mereka dan diri lo.

8. Fokus sama apa yang lo ingin capai.

9. Hati-hati pilih sahabat, karena gak semua sahabat lo baik. Bisa aja suatu saat mereka nusuk lo dari belakang.

10. Bijaksana dalam mencerna kabar atau berita yang lo terima.

Banyak juga ya, ya begitulah hidup, banyak pelajaran yang bisa diambil dari apapun masalah yang kita hadapi. Gue juga belajar banyak dari masalah-masalah yang gue hadapi.

Semoga tahun ini gue bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, makin lancar kuliah, makin banyak rejeki, makin bagus badannya, makin sukses karir nya, dan untuk masalah hati, gue harap yang terbaik aja buat gue dan semoga kalaupun harus sendiri, gue cuma pengen bisa move on dan dapetin yang terbaik buat diri gue.

Gagal itu sakit, menerima kegagalan itu kadang sulit, tapi yang lebih sulit adalah bangkit dari kegagalan yang kita alami. Meski semuanya sulit, dengan perjuangan pasti bisa kita laluin.

Happy Birthday to Me! Semoga jadi pria yang lebih baik ya! Tunjukin sama mereka kalo lo bisa jadi lebih baik!

2014-08-29 02.54.32

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s