#TipsAlaOchoy – Traveling Hemat? Kenapa gak?

Siapa yang suka traveling? GUE!!!

Siapa yang suka traveling dengan budget minim? GUE!!!!

Kalo ditanya begitu pasti banyak yang jawab “GUE!!!” Bener gak? Ya, traveling dengan budget minim tapi tetap bisa bergaya emang lagi banyak digandrungi sama kebanyakan orang belakangan ini, mungkin beberapa tahun belakangan ini. Ya siapa yang gak mau sih nikmatin liburan, dengan mengeluarkan uang yang gak terlalu banyak tapi bisa tetep hepi? Semua orang juga mau kali. Iya gak?

Nah, ngomongin masalah traveling dengan budget minim, gue mau berbagi beberapa tips nih hehe..

Bukan, bukan berarti gue mau sok-sokan jadi traveler beken dan heits kok.. Siapalah Ochoy ini didunia per-traveling-an, hanya seonggok daging berjalan. 😀

Maksud dan tujuan gue berbagi disini adalah ya siapa tau bisa berbagi pengalaman dan ilmu kan? Karena berbagi, bikin hepi 😀 (Slogan Akademi Berbagi)…

So, here are my tips …

1. Sedia Air Mineral Kemasan/Bawa tumblr

Bawalah tumblr/ tempat air minum/ air mineral kemanapun kamu pergi. Kenapa demikian? Daripada beli softdrink atau minuman dingin kemasan yang harganya kadang kurang bersahabat sama kantong dan malah sering bikin haus, mending bawa air mineral kemasan. Kalo gue sih biasanya botol air kemasan yang gue beli gak gue buang, buat diisi ulang nanti ditempat temen, keluarga atau di tempat apapun yang nyediain air minum gratis 😀

2. Act like locals, Eat like locals.

Nah, ini dia.. Setiap traveling kemanapun, gue selalu mencoba membaur sama orang-orang lokal, meski kadang tampang dan pembawaan gue selalu gak bisa disamain sama orang loka. Tapi, gue selalu berusaha mencoba menjadi seperti mereka, belajar make bahasa mereka (meski kadang blepotan) atau nyoba ngobrol-ngobrol dan bertingkah kaya orang lokal. Selain bisa belajar banyak dan juga mengenal mereka lebih dekat, gak menutup kemungkinan loh kita dapet sesuatu dari mereka, entah itu pertolongan, makan gratis atau apapun itu. Pernah suatu ketika gue dapet permen gratis dari bapak-bapak penjual bensin di Yogya, meskipun cuma permen jahe, tapi itu priceless banget hehe.

Untuk masalah makanan, jangan minder deh buat makan apa aja yang ada di tempat lo berada. Kalo bisa sih makan-makanan lokal yg harganya murah-murah bingit! Coba hindari makan di resto fastfood deh ataupun di resto-resto gede, kecuali emang lo traveling dengan duit yang cukup banyak atau dapet gratisan hehe. Gue aja selalu nyesel kalo ujung-ujung nya lagi traveling makan di KFC / McD, sama aja meeeen 😐 Mending makan di warung nasi padang atau di warteg deh jauh lebih murah hehe..

Tapi, ada sih beberapa orang yang emang punya anggaran khusus untuk kuliner, dan itu sih gak masalah karena kadang sebuah perjalanan gak cuma dirasain lewat mata dan hati, tapi lewat indra pengecap (untuk masalah kuliner).2014-02-16 09.01.18

3. Maksimalkan Couchsurfing!!

Pada tau kan couchsurfing.org ? Intinya adalah itu merupakan sebuah portal bagi para traveler yang mau bertukar kebudayaan dengan cara tinggal ditempat orang lokal ataupun memberikan tumpangan untuk stay atau menemani para traveler lain yang mau berkunjung ke negara/kota kita.

Nah beberapa kali gue memakai portal ini untuk mencari orang yg mau menampung gue untuk stay di tempatnya, ya itung-itung bisa hemat budget untuk nginap kan? Tapi, jangan berharap terlalu banyak lo bisa tidur di kamar yang nyaman atau berAC ya. Yang lo tempatin ya alakadarnya dari yang punya rumah, mau di kamar ga ada kasur nya, mau ada kasurnya, mau pake kipas atau bahkan tidur di sofa (couch), ya itu semua tergantung ketersediaan si host (orang yang punya rumah), kita sebagai surfer (orang yang numpang) harus bisa terima.

Tapi, Alhamdulillah selama ikutan CS dua kali gue dapet tempat stay yang lebih dari cukup pake banget haha. Host nya pun baik-baik. Tapi tetep aja, kita sebagai surfer juga mesti tau diri, jaga kebersihan kek,bantu masak atau cuci piring kek, ya itung-itung tanda terima kasih lah.

Aman? Tergantung.

Tips dari gue sih, kenali dan pelajari orang yang akan jadi host/surfer kita. Pelajari kepribadiannya dari profile nya. Biasanya yg ngisi profile nya semakin lengkap, itu biasanya semakin serius di CS. Liat juga references nya, banyak positive nya atau negative nya.

Hehe gitu deh.. Worth to try kok 🙂

4. Optimize Your Social Media & Invite Your Friend

Maksudnya, ketika lagi traveling coba manfaatin social media yang lo punya untuk cari tau siapa aja sih yang lagi ada di tempat yang sama kaya lo. Siapa tau ada dari temen lo, temen nya temen lo, atau mungkin sodara lo yang juga lagi traveling di tempat yang sama, atau bahkan mungkin ada follower lo (ceilah berasa seleb) yang ternyata orang lokal situ, lo kan bisa minta beberapa bantuan ke mereka, atau bahkan ngetrip bareng untuk menghemat biaya

Lagipula, terkadang semakin rame semakin seru kan?

5. Get Some Recommendations

Carilah berbagai rekomendasi dari temen-temen lo di social media, dari temen CS atau dari orang lokal mengenai penginapan murah, tempat makan murah, dan best deal lainnya di tempat yang sedang kamu kunjungi. Jangan malu bertanya, justru dengan banyak bertanya kita bisa mendapatkan banyak informasi. Kalo temen-temen lo baik atau lo baik, bahkan lo bisa aja dapet rejeki anak soleh dan ditraktir , HAHAHAHAHAHA!

2014-02-17 21.46.02
Wedangan Pendopo, salah satu tempat rekomendasi temen gue mas @halim_san di Solo. Tempatnya asik buat nongkrong dan nostalgia 😀 Murah-murah pula..

6. Catat dan Monitor Selalu Pengeluaranmu

Selama traveling, kita butuh loh mencatat berbagai pengeluaran yang kita pakai setiap hari. Untuk apa? Jadi saat malam hari biasanya gue menghitung berapa uang yang udah gue pake. Sesuai gak sama budget? Nah kalo lebih kan bisa menyesuaikan dengan pengeluaran untuk besok hari nya atau bisa jadi meyetop pengeluaran yang gak perlu.

7. Bersikap Baiklah, Jaga Sikap dan Selalu Ingat untuk Tersenyum

Yup bener banget, ketika lo lagi traveling dan istilahkan bertamu ke tempat orang, lo mesti jaga sikap. Bersikap baiklah sama orang-orang sekitar, jangan lupa untuk tersenyum. Dengan begitu ketika lo ngobrol sama mereka siapa tau aja mereka ada yang tanpa diminta mau nolong lo untuk sesuatu, mau kasih lo numpang, atau ngasih makan hahaha.

Tapi ini serius, dengan lo berbuat baik, orang juga gak akan segan berbuat baik sama diri lo. Bahkan kadang melakukan hal yang diluar ekspektasi lo.

2014-08-14 12.52.30
Ketika lagi laper banget di kereta, gue pun dapet rejeki makanan bakpia yang gue makan berkali-kali dari mba-mba di depan gue 😀

 

Nah, itu tadi beberapa tips dari gue. Sekali lagi, gue bukan expert di dunia per-traveling-an ini. Gue cuma mau berbagi beberapa tips yang sering gue pake kalo lagi traveling. So, semoga bergunaaaaa!

Salam Hangat, Peluk Mesra, Ketchup Basah

Ochoy

Advertisements

16 thoughts on “#TipsAlaOchoy – Traveling Hemat? Kenapa gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s