Wisata Kuliner Kota Depok : 6 Tempat Makan yang Bikin Ketagihan

Gara-gara kemarin ikutan #GAWisataDaerahmu di blognya Mbok Olen tentang kuliner unik yang ada di Depok, gue jadi pengen bikin beberapa daftar potensi wisata kota depok. Mungkin gue mulai dari membuat daftar makanan dan tempat makan favorit gue yang ada di Depok deh..

Gue asli Bekasi, well, sebenernya asli Bogor sih, tapi kelamaan tinggal di Bekasi. Gue ngerasa kalo gue ditakdirkan punya pacar orang tinggal di Depok dan kebetulan punya kesempatan jadi finalis duta pariwisata di Kota Depok. Sebagai duta pariwisata Kota Depok kayaknya gue berkewajiban mempromosikan potensi wisata yang ada di kota gue deh, salah satu nya dalam hal gastronomi/kuliner.

Depok ? Punya apaan sih? Kayaknya gak ada yang spesial ya kalo ngomongin masalah makanan. Well, selain jalan Margonda dan kampus UI yang hits itu, ada beberapa hal sih sebenernya yang spesial dari Kota Depok. Kali ini gue bahas dari segi makanan dulu ya.

Depok emang menurut gue kurang banget makanan khas nya, yang lagi sering dipublikasikan adalah makanan olahan yang terbuat dari belimbing, maskot Kota Depok. Tapi siapa sangka loh, kota yang dikenal memiliki perpaduan budaya Sunda dan Betawi ini ternyata punya beberapa tempat makan dan makanan unik untuk dicoba 🙂

Dulu waktu masih sama pacar punya waktu luang dan berkelimpahan harta, gue sering coba-coba beberapa kuliner yang ada di Depok. Berikut beberapa makanan atau tempat makan favorit gue.

1. Nasi Bebek Bumbu Wiko
Sebenernya ini bukan makanan khas dari Depok, tapi merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Kenapa gue bilang begitu, karena pemiliknya berasal dari Jawa Timur dan nama Wiko diambil dari akronim nama sepasang suami-istri yang menjualnya, lucu gak sih :3 . Lokasi Nasi Bebek Bumbu Wiko awalnya berada tepat di seberang McD Kelapa Dua Depok, di Jl, Akses UI. Saat ini sudah pindah di Jalan Akses UI, Kelapa Dua juga, tapi di seberang komplek Brimob.

Sebenernya bentuk dan penampakannya seperti bebek goreng dan juga ayam goreng pada umumnya, tapi di sini yang bikin berbeda adalah sambalnya yang cair dan rasanya unik bikin ketagihan, ditambah bumbu nya yang meresap pada daging ayam gorengnya merupakan perpaduan yang pas di lidah! Bagi yang suka pedas sih cocok banget. Tapi sayang beberapa waktu lalu setelah harga BBM naik, dan harga cabe juga naik (termasuk cabe-cabean) membuat penggunaan cabenya dikurangi dan gak terlalu pedas, haha kalo gue sih justru suka!

Satu yang bikin tempat makan ini laris selain rasanya, servis nya memuaskan! Seriusan, coba aja kesitu dan lo bakal tau jawabannya kenapa 🙂

Pic. :

Maaf ya 😦 Tapi yang foto makanannya doang gak ada..

2. Pancong Mang Kumis

Ketika mendengar pancong pasti pada mikir sebuah kue basah dengan adonan inti tepung dan parutan kelapa dan dibakar kan? Hehe yang ini beda.. Seperti pancong kekinian, sebenernya ini lebih cocok disebut kue cubit setengah matang dengan cetakan kue pancong. Warung Pancong Mang Kumis yang ada di Ujung jalan Arif Rahman Hakim, Beji kalo dari arah Terminal Depok. Merupakan sebuah warkop yang cukup melegenda dan jadi tongkrongan anak muda yang buka 24 Jam, sajian utamanya adalah kue pancong dan minuman sari kacang hijau. Namun kita juga bisa memesan mie rebus disana dan minuman lainnya.

Pic :

3. Pecel Pincuk Ibu Ida

Gue gak tau ya kalo di Depok dimana bisa nemuin nasi pecel kaya yang biasa ditemuin di stasiun-stasiun di Jawa Tengah atau Jawa Timur, yang gue tau dan jadi favorit gue adalah Pecel Pincuk Ibu Ida. Dengan mba-mba yang melayani dan menjaga warungnya sangat ramah dan logat jawa nya kental banget bikin gue berasa lagi ada di stasiun Lempuyangan atau stasiun Kebumen 😀

Yang gue suka disini adalah nasi pecel original nya + mendoan + es kunyit asem! Walau dengan hanya menu itu gue perlu ngabisin sampe 20ribuan, tapi gue selalu gak bosen balik kesini 🙂

Pic :

Es Kunyit Asem :9 #instafood #culinary #iphonesia

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on

2015-01-11 20.48.31

4. Mie Ayam Budhe

Hahah sebenernya nama warung mie ayamnya Mie Ayam Sederhana, tapi karena gue dan temen-temen sering nya manggil Budhe sama yang jualan, jadilah gue seringnya manggil Mie Ayam Budhe. Itu terletak di dalam gang Mawar, gang sebelum Margo City kalau dar arah pasar minggu, agak masuk ke dalam kurang lebih 1Km sih.

Sebenernya mungkin sama kaya mie ayam pada umumnya ya, tapi entah kenapa gue rasa ini adalah Mie Ayam Bakso paling enak di Depok, bukan Mie Ayam Bangka sih, tapi ini Enak aja.. Selain itu Pakdhe dan Budhe nya melayani selalu dengan senyum seperti pasangan suami istri Nasi Bebek Wiko, ini yang bikin gue selalu balik lagi.

Pic :

Mie Ayam? atau Bakso? Atau keduanya? #culinary #indonesia #meatball #foodporn #instafood

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on

5. Beragam Pempek

Duh, ngomongin makanan favorit gue satu ini kayaknya harus dibikin postingan sendiri kali ya haha… Hampir semua tempat makan pempek yang hits di Depok udah pernah gue cobain mulai dari Pempek Musi Raya, Pempek Pak Raden, Pempek Okky , Pempek di Samping 7Eleven Margonda 1, itu udah gue cobain semua..

Beragam rasa dan perbedaan sih, tapi overall yg paling gue suka Pempek Musi Raya yang ada di Jalan Margonda dekat Gang Kapuk. Walau mahal tapi puas..

Pempek time! #instafood #iphonesia #foodgasm

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on

6. Es Ketan Kelapa Duren Margando

Margando? Gak typo Choy?

Gak kok bener, emang namanya itu Es Ketan Duren Margando. Lokasinya ada di dekat lampu merah pertigaan Arif Rahman Hakim dan Terminal Depok, letak persisnya sebelum lampu merah kalo dari arah terminal Depok. Pokoknya yang selalu rame dan antri pengunjung!

Tempatnya kecil sih, tapi selalu rame banget pengunjung.. Buat yang suka sama durian bisa banget loh kesini!!

Es Ketan Duren Margando
Sebenernya masih ada beberapa kuliner lainnya yang bisa gue kasih tau, tapi kalau ada rekan atau sahabat yang datang pertama kali ke Kota Depok, gue akan mengajak ke beberapa tempat favorit gue itu terlebih dulu. Biasanya sih pada ketagihan 🙂

Buat yang mau ke Kota Depok dan cobain kuliner diatas, feel free to contact me ya 🙂 Kalo ada waktu bisa lah ditemenin 🙂

Selamat menikmati kuliner Kota Depok!

Advertisements

45 thoughts on “Wisata Kuliner Kota Depok : 6 Tempat Makan yang Bikin Ketagihan

    1. Ayo kapan2 kesini! Nanti aku kenalin beberapa tempat makan seru mas hehe … Eh kemarin aku ngobrol sama mba dina juga pengen ketemu sama mas badai sih hahahahaha …

  1. Bang ajak eneng ngedate ngulineran bang ~~~~~ wkwkkwk
    lagi pengen searching kulineran di depok tapi yang gak (ayam-ikan) pengen yang eskrim eskrim gitu. :((((((((( tau gak dimana???? kalo tau kabarin yaa di twitter @KakakGita

  2. Maaf, tempat makannya yg enak apa hidangannya yg enak ya?Untuk pancong (kue pukis kayaknya itu sih), menurut saya dg harga yg sama saya lebih milih kue pukis d tk martabak..Tekstur n rasanya menurut saya ga recommended..Maaf, lebih baik reviewnya pake tmp makan yg pernah dliput Pak Bondan Winarno atau program wisata kuliner laen yg pake ahli makanan ex: Baso Kotak (dulu sih d arah pintu UI trus skrg ilang ga tau pondah kmn) krn memang dr segi rasa jg recommended..Makasi..

    1. Halo.. Terima kasih atas komentarnya.. Sebenarnya disini yang saya tulis adalah beberapa tempat makan dan makanan yang unik versi saya dan patut untuk dicoba. Saya tidak mengakategorikan semuannya sebagai makanan yang enak atau tempatnya yg enak. Karena jujur ya pancong memang seperti itu dan tempatnya pun alakadarnya. Namun disini saya cuma mau menampilkan sisi unik kuliner di Kota Depok yang mungkin jika dicicipi bikin ketagihan penikmatnya. Kalo masalah Mba Lebih memilih kue pukis dibanding pancong ini (dan memang kan saya tulis ini seperti pukis mba gak saya bilang benar2 pancong asli) itu sih selera hehe …

      1. Aku follow twitternya yaa kak, ntar abis balik dari mudik lebaran kita kulineraaaan! Twitter aku @miranimarsha

  3. Waw.. Sering k depok tp kulinernya gw cm itu2 aja.. Ksna ah ntar mlm.. Mksh infonya..

    Oiya itu kue pancong kyak di rawa belong.. Kayak kue cubit tp pakai cetakan pancong klo aku blg lbh mrip itu dibandingkan pukis..

    Gw jg suka kue pancong yg kyak gtu klo dibandingin sama pukis, wlopun gw jg suka pukis..
    Selera msg2 kali ya..

  4. Iya depok emg rajanya kulineran deh, dari yg murah ampe yg mahal jg ada disini. Cuma makanan khas nya aja nih yg agak bkin galau ya well yg kita tau depok itu ikonnya belimbing. Pas temen gue dtg dri luar kota dan dia pngen dianterin kulineran di depok, gue sih dengan sigap siap2 aja nganterin dia. Tp pas dia nnya “eh oleh-oleh mkanan khas depok apa ya ? mumpung gue lg disini nih” dan itu agak bkin glek gtu ya, masa gue mau beliin doi belimbing sih haha. Serius gue minim bgt info ttg mkanan khas depok nih bang, bagi infonya ya klo ada homeindustry yg ngolah belimbing jd apa gtu. Thanks ya bang 🙂

    1. Sayang banget … Belum pernah cobain bakso malang “meetbowl” citra rasa asli bakso malang, adanya dibelakang kampus UI Kukel Beji Depok

  5. Ayuk kak kulineran bareng aku suka banget sama makanan unik dan pedas2 hihi , hubungin kemana ni kak?

  6. Wahhh bebek Wiko favorit gw nih dari lele,ayam,apalagi bebeknya semua lekkerrrr. Skr jualan ayam bakar jg lho. Dan emg ramah bener yg jualan, pas puasa kmrn malah sedia delivery utk sahur. Eh tp skr udah pindah ke ruko deket RTM Kelapa Dua.

  7. Ada satu tempat lagi yg patut dikunjungi bila sedang berada di kota Depok yg menyediakan kuliner khas daerah yaitu Bakso Malang Asli di Cafe “MeetBowl an authentic Bakso Malang”
    Cafe ini berlokasi di belakang kampus UI (daerah kostan anak UI) jl palakali raya no 49 Depok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s