(Giveaway) Wisata Belanja Seru #GAWisataDaerahmu

Kalo bicara masalah jalan-jalan atau traveling emang gak akan ada habisnya deh, apalagi kalo dikaitkan dengan berbagai potensi yang ada di Indonesia. Kalo ngomongin jalan-jalan juga, pasti bagi sebagian orang gak lepas sama yang namanya belanja. Belanja sekarang bukan hanya menjadi kegiatan heits tante-tante gemesh, mbak-mbak kekinian, dan mas-mas bercelana ketat dan modis. Belanja merupakan hak bagi semua orang yang punya duit! Tentu juga hak bagi para pelancong yang memiliki duit lebih dong. Mereka yang punya duit lebih biasanya juga menghabiskan sebagian waktunya untuk berbelanja di destinasi wisata yang sedang mereka datangin.

Sayangnya, kalo gue orangnya gak pernah punya uang berlebih kalo jalan-jalan. So, gue jarang banget belanja banyak 😦 Paling beli oleh-oleh doang yang sesuai isi dompet. Sebenernya kalo ada rejeki lebih gue pengen banget ke pasar-pasar tradisional, pasar seni, atau ke pusat oleh-oleh di setiap destinasi wisata yang gue kunjungi di seluruh Indonesia buat berbelanja.

Ngomongin wisata belanja yang ada di daerah gue di Depok sebenernya gak terlalu banyak sih, yang paling hits adalah beberapa mall yang ada di kota ini. Diantaranya ada Margo City & Depok Town Square yang saling berhadapan dan bikin macet! Terus juga ada ITC depok dimana kamu semua bisa cari HP, aksesoris HP, pakaian, sendal, hijab, bahkan parfum dengan harga relatif murah.

Depok juga punya pusat oleh-oleh yang menyajikan beragam oleh-oleh yang bisa kamu beli kalau lagi main ke Kota Depok. Sentra Oleh-oleh Kota Depok berisikan berbagai produk dari 50 lebih UKM yang ada di Kota Depok. Mereka berasal dari beberapa kelurahan di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok.

Ketika gue berkesempatan menjadi salah satu finalis pemilihan duta pariwisata di Kota Depok gue sempat mengikuti rangkaian kegiatan City Tour & dibawalah ke Sentra Oleh-oleh Kota Depok yang ada di Jl. Margonda Raya No. 488, tepatnya di Lt. 2 RM. Mang Kabayan.

Gimana? Lumayan seru kan! Iyain aja dong ah!

Berikut beberapa produk yang ada di Sentra Oleh-oleh Kota Depok yang sempat gue dokumentasikan saat City Tour Abang Mpok Depok 2014 :

Kerajinan Wayang
Keripik Kentang Gajah Galau
Sepatu Batik Khas Kota Depok
Boneka Kayu Temi (BUKOMI) Khas Kota Depok

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini loh..

Nah itu tadi salah satu tempat wisata belanja yang ada di Kota Depok. Sekarang gue jadi penasaran, kira-kira kalian semua pasti juga punya kan di daerah masing-masing, tempat wisata belanja yang seru? Mulai dari Mall, Pasar Tradisional, Pasar Seni, Pasar Makanan, atau Sentra Oleh-oleh khas? Gue pengen banget tau dong ! Iya pengen banget tempar wisata belanja seru dan jadi kebanggan di daerah kalian! Kasih tau di komentar postingan ini ya!

Komentar tentang potensi wisata belanja yang paling menarik dan memenuhi syarat, nanti bakalan gue kasih…….

@djavadvipa rere! Kamu mau pilih yang mana 🙂 #batik #depok #handycraft #gift #indonesia #fashion #design

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on

KAIN BATIK DEPOK! Dan kamu Bebas pilih yang mana coraknya 🙂 Tersedia untuk 2 komentator terbaik dengan destinasi wisata belanja di daerahnya.

Syarat dan ketentuannya gampang kok…

  • Peserta berdomisili di INDONESIA.
  • Ceritakan secara singkat tentang potensi wisata BELANJA (Pasar, Mall, Pusat oleh-oleh & kerajinan,dll) di daerahmu via comment di bawah postingan ini.
    Jika memiliki tulisan/ gambar yang berkaitan, jangan ragu untuk menambahkan link-nya di kolom komentar.
  • Lengkapi komentarmu dengan data berupa Nama, Akun media sosial ( twitter, facebook atau G+ ), Alamat blog ( kalau ada ), dan Domisili.
  • Share is careShare postingan giveaway ini melalui media social seperti Facebook, Twitter, G+, dll agar kawan yang lain tahu dan ikut berbagi potensi daerahnya.
    Untuk Twitter bisa mention akun @SiOchoy / Facebook Si Ochoy / Google+ +Adhitya Pratama dan jangan lupa tambahkan hashtag #GAWisataDaerahmu
  • Giveaway ini berlangsung mulai dari tanggal 26 Januari – 14 Februari 2015
  • Pengumuman akan dilakukan setelah deadline.

Jadi tunggu apa lagi? Mau kan dapet Kain Batik Depok dari akuh?

Yuk kenali potensi wisata daerahmu. 😉
________

Note : #GAWisataDaerahmu ini diadakan oleh saya dan beberapa teman yang lain. Tujuan utamanya agar pembaca berbagi tentang potensi wisata daerahnya masing-masing. Oh iya, giveaway ini murni dari kami pribadi, tidak disponsori oleh pihak manapun.
Berikut #GAWisataDaerahmu yang lain:

Oh ya, selain #GAWisataDaerahmu ini, gue juga mengadakan sebuah writing project dengan banyak hadiah seru loh! Namanya #SocmedStory ! Udah pada denger belum? Kalo belum yuk dicek di bit.ly/SocmedStory atau follow @SocmedStory 🙂

Advertisements

37 thoughts on “(Giveaway) Wisata Belanja Seru #GAWisataDaerahmu

  1. Selama ini saya tahunya Depok itu cuma penyangga Jakarta, sumber para penglaju yang mencari nafkah di ibukota. Ternyata Depok juga memiliki keunikan tersendiri dalam produk seninya. Hoo…
    Dan memang kalau dipikir-pikir, Depok itu blend antara Sunda Bogor dan Betawi Jakarta, ya. Hehe. Saya baru sadar :haha.

  2. halo ka, ikutan giveaway nya ya.. kebetulan sekarang tinggal di jakarta dan kangen kampung halaman di bandung sana. Di setiap hari minggu, ada semacam pasar tumpah di dekat rumah. Ada di 3 tempat yang berbeda, Tugu Baleendah, Tangga seribu dan di kabupaten bandung (soreang). paling rame ada di soreang, di sana ada berbagai macam barang dan makanan khas sunda. Dari mulai harga kaos 10 ribuan sampe 100 ribu. Kerajianan karya warga sekitar dan lain sebagainya. Ada satu jenis makanan yang dinamakan tutut. Semacam kerang sawah, setiap ada teman dari luar kota yang mencobanya, mereka suka! dan harganya pun cukup terjangkau hanya 3000 rupiah saja 🙂
    Pasar tumpah selalu menjadi potensi wisata yang menarik, salah satu pasar tumpah yang paling terkenal dibandung adalah gasibu..

    facebook, google+: vanisa desfriani
    twitter: @ishavanisa
    blog : vanisadesfriani.blogspot.com

    terima kasih :))

  3. halo mas ochoy, salam kenal dari jambi 🙂 keren yah depok, kirain cuma ada UI dan margonda road hehehehe… coba kalo panitia boleh ikut yak 😉
    btw disini mall cuma ada di kota jambi, di tempatku cuma ada minimarket, mentok di muara bungo ada hypermart..dari tempatku dua jam kalo ke muara bungo, kalo ke kota jambinya masih enam jam -_-
    wkwkwkwk….disini wisata belanja cuma ada dua buah minimarket, alfama*rt aja baru mulai buka, 1 pasar induk *becek nggak ada ojek :p

  4. Nama: Cak Oyong
    Akun twitter: @cakoyong
    Blog: http://cakoyong.blogspot.com/
    Domisili: Jember

    Buat yang suka berbelanja barang bekas dan lagi di Jember bisa nih mampir kedua tempat ini:
    1. Pasar Babebo
    Pasar Babebo (Barang Bekas Bongkar) ini awalnya berada di lahan kosong sebelah Rest Area Jubung. Namun sekarang sudah pindah. ada yang berada didalam Rest Area Jubung dan ada juga yang berada didepan Pom Bensin Ajung.
    Banyak mahasiswa/i Jember yang berbelanja pakaian bekas disana. Selain karena pakaiannya kualitas import yang pasti murah meriah dengan catatan pandai menawar. Setelah beli jangan lupa untuk merendamnya di air panas dulu ya lalu dicuci. Untuk menghindari kuman.
    2. Pasar Loak Blok M
    Blok M nya maksudnya belakang Matahari Dept Store. Disini banyak yang menjual uang kuno. biasanya pasangan yang mau menikah selalu ke tempat ini guna menggenapi mas kawinnya. Yang jomblo kalo lewat depan lapak sering memalingkan muka, takut di bully si uang kuno mungkin. Tapi para jomblo segera menuju lapak-lapak penjual batu akik. mencari beragam batu yang berkhasiat menaikkan kadar tingkat kegantengannya. Sayangnya yang cewek lebih memilih ke lapak penjual keris untuk penolak bala. Nah lho…

  5. Hai kak~ Ijin ikutan ya 😀

    Nama: Dian Maharani
    Twitter: @realdianmrani93 [https://twitter.com/realdianmrani93]
    Facebook: Dian Maharani Neomu Yeppeo [https://www.facebook.com/dian.maharani.nmyp]
    Blog: realdianmaharani.wordpress.com
    Domisili: Bengkulu

    Alhamdulillah, Bengkulu sudah punya sentra oleh-oleh 😀 Sentra oleh-oleh ini terletak di daerah yang bernama Anggut, spesifiknya Anggut Atas karena daerah Anggut sendiri ada tiga, yaitu Anggut Atas, Anggut Bawah, dan Anggut Dalam. Nah, disini para wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Bengkulu yang dijual oleh beberapa toko yang memang menyiapkan produk mulai dari pernak-pernik, makanan hingga minuman khas Bengkulu. Untuk pernak-pernik, andalan utama Bengkulu adalah kerajinan tangan dari kulit lantung. Kerajinan tangan ini modelnya cukup bervariasi, seperti gantungan kunci, tempat tisu, figura foto, hiasan rumah, jam dinding hingga miniatur Tabot. Harganya pun bervariasi, mulai dari tiga ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Untuk makanan khas, yang menjadi andalan Bengkulu adalah lempuk durian. Lempuk durian ini hampir mirip dengan dodol dari Jawa Barat atau gelamai dari Sumatera Barat. Tidak hanya itu, ada banyak makanan khas Bengkulu seperti manisan terong ungu, kue bay tat, kue perut punai, keripik bayam, dll. Untuk minuman khas Bengkulu adalah sirup jeruk kalamansi 😀
    Tidak hanya sentra oleh-oleh, Bengkulu juga punya sentra makanan dan minuman. Namanya Pasar Baru Koto. Walaupun tidak menjual makanan ‘berat’ khas Bengkulu, tapi banyak wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu memilih makan disini dibanding di restoran karena harganya cukup terjangkau. Makanan dan minuman yang dijual di Pasar Baru Koto ini pun sudah dikenal banyak orang seperti nasi goreng, sate, bakso, aneka jus, dll.
    So, kalau ke Bengkulu jangan lupa untuk pergi makan di Pasar Baru Koto dan membeli oleh-oleh di Sentra Buah Tangan Bengkulu di Anggut Atas ^^v

  6. ke depok? gue sukanya ke rumah fx widayanto, choy
    di tanah baru
    kalo ga ya cuman mampir ke matos
    hahahhahaa
    tapi gue mau batiknya!
    ntar pas gue uda balik ajak2 ke sana ya, mo beli…
    eh lo kan mo ke jepang yaa…

  7. Wah batik Kota Depok aku baru punya yang motif potongan belimbing dan Ikan ngibing kalo ga slaah namanya itu , batik Kota Depok ga kalah sama batik daerah jawa barat (y) apa lagi belimbing ciri khas kota nya banget

  8. Nama : Mohamad Irfan Nuryadin E
    Facebook : M Irfan Nuryadin Effendy
    Twitter : @MirfanNEffendy
    Instagram : @mirfanne
    blog:melancongbersamamine.tumblr.com
    Path : Mohamad Irfan N E
    Domisili Asal : Depok (tapi berhubung sedang kuliah jadi merantau , sementara domisili di Kota Surabaya)

    Pusat Oleh-oleh Khas Jawa Timur
    Langsung saja aku mau share 2 tempat Belanja untuk para Pelancong yang akan mengunjungi Kota Surabaya dan ingin membawa oleh-oleh Khas Jawa Timur :

    Kawasan Genteng (Sebelum Hotel Majapahit)
    Kawasan ini bisa menjadi tempat untuk para wisatawan lokal maupun asing untuk berbelanja berbagai jenis Oleh-oleh khas Jawa Timur dan Kota Surabaya. Disini terdapat Berbagai Keripik Buah Khas Kota Malang,Berbgai Jenis Kerupuk khas Kab.Sidoarjo,Minuman-minuman seperti Temulawak,Jahe dsb Khas Jombang ,Bandeng sampai Almond Chrispy khas Kota Surabaya untuk Kisaran harga kurang lebih dari Rp. 8.000 – Rp. 55.000
    Pusat Oleh-oleh Khas Jawa Timur dan Batik Khas Jawa Timur di DEKRANASDA Provinsi Jawa Timur : Kota Surabaya selain dikenal dengan Kuliner Khasnya juga punya banyak sekali khas oleh-oleh Jawa Timur, Disini aku kalo mau pulang ke Depok untuk beli oleh-oleh buat teman dan kelaurga pasti ke sini dulu untuk membeli berbagai jenis makan dan batik , Kita bisa membeli berbagai Makanan Khas dari Kota dan kab di Jawa timur jufga berbgai Batik seperti Batik motif Buaya Hiu dari Kota Surabaya, Motif pekerja tembakau dari jember , buah mangga dari Bojonegoro , Motif kembang bayam dari sidoarjo dan masih banyak lagi , Jadi disini tuh teman-teman bisa membeli berbagai jenis Batik dengan motif khas setiap Kota/Kabupaten di Jawa Timur dan Harga Batik dari Ratusan ribu sama Jutaan.

    Foto oleh/oleh Khas Jawa Timur :

    Foto batik-batik koleksi pribadi yang ku beli dari Dekranasda Jatim (Ada satu batik khas kota depok yang ku beli di kawasan Walikota Depok ) :

  9. Bizarre chances for me nih
    Hai , sebelum share for care #GAWisata ..its better untuk mukadimah dulu
    Destinasi untuk orang liburan biasanya engga jauh dari jakarta,bandung,jogja..yupp pasti larena estimasinya emang udah up di jendela publik
    Sebenarnya, Bengkulu pun punya potensi wisata, budaya dan pariwisata yang menarik dan sangat berpotensi.
    Okey, kita mulai dari pasar tradisional nya . Di bengkulu sangat terkenal dengan pasar Barukoto yang letaknya tepat disamping benteng marlborough yangmerupakan peninggalan sejarah “historical heritage”,di pasar Barukoto kamu bisa nemuin makanan khas dari sabang sampai merauke. So, kalau kamu abis capek menikmati wisata benteng marlborough yang kaya akan sejarah kamu bisa langsung melesir ke pasarbarukoto dan yang engga kalahnya lagi dari pasar barukoto itu kamu bisa langsung menikmati desiran ombak pantai”pantai panjang” yang berjarak kurang dari 20 meter .
    Ga Cuma disitu aja , kita juga ada Pasar Seni , namanya Pasar Tabot. Pasar tabot ini diadakan 1 tahun sekali dari tanggal 1-10 muharram dengan festival Tabot untuk melepas Tabot (tabot tebuang) . Banyak banget yang jualan makanan ringan , mulai dari khas bengkulu : kue bay tat , perut punai , sayur lemah “reburebungpendap(ikan yang dicampur sama daun keladi ,sspicyfood) , pempek , model,tekwan . Wahhh pokoknya kamu bisa kenyang sekenyang mungkin hanya dengan membawa uang 30.000 (tergantung juga si sama porsi jajan kamu semana) tapi yang jelas semua makanan nya serba terjangkau…
    Okay thats all yang ada di Bengkulu
    Glad to share #GAWisata

    Nama : Meka Saima
    Twitter : @mekasaima
    Instagram : mekasaimaa
    Email : mekasaima@yahoo.com
    Facebook : Meka Saima

  10. Aceh,tepatnya kota Banda Aceh memiliki Pasar Aceh sebagai salah satu pusat belanja yang lengkap di Banda Aceh. Gedungnya megah dan tidak kalah dari mall. Gedung berarsitektur modern itu terbilang megah. Terletak di pusat kota, tak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Ruang –ruang kecil disekat sedemikian rupa dengan kaca bening.
    Bahkan, gedung ini diresmikan oleh pejabat dari pusat, Menteri Perdagangan Indonesia, Gita Wirjawan. Beliau mengatakan bahwa Pasar Aceh merupakan pasar termegah yang pernah ia resmikan.
    Tak kurang dari Rp 116,2 miliar dipakai untuk pembangunan pasar tradisional bernuansa modern itu. \ Dana tersebut bersumber APBN yaitu melalui Kementrian Perdagangan Rp 71,9 miliar, pinjaman dari world bank Rp 42 miliar dan dari APBK Banda Aceh Rp 2,3 miliar.Pasar yang dikelola Pemko tersebut memiliki tiga lantai. Lantai pertama untuk pasar ikan dan rempah-rempah, lantai 2 dan 3 untuk pedagang pakaian
    Nah, kalau kalian punya rencana ke kota Banda aceh, silahkan datang ke Pasar Aceh. Sampai jumpa di BANDA ACEH … See you guys..
    Nama : Mulkan Kautsar
    Twitter : @mulkankautsar
    Instagram : mulkankautsar_sofyan
    Email : mulkankautsar@gmail.com
    Facebook : Mulkan Kautsar bin Sofyan

  11. Nama : Ayu Devika Putri
    Twitter : @devika_ayu
    Facebook : Ayu Devika Putri
    Blog :www.ayudevika.blogspot.com

    Terlahir dan dibesarkan di Kota Hujan membuat saya ingin mempublikasikan beberapa wisata belanjanya. Berikut ini ada dua tempat pilihan saya di Bogor tercinta.

    Pasar Pagi Pemda
    Pasar ini berlokasi di Pemda – Cibinong dan hanya diadakan pagi – pagi pada saat weekend. Jadi bisa dibilang semacam Pasar Kaget, namun pasar ini rutin diadakan setiap minggu. Barang barang yang dijual pun tentunya barang – barang kebutuhan sehari – hari kecuali olahan makan mentah (sayur mayur, daging dll). Tak perlu khawatir kelaparan karena banyak jajanan juga loh. Nah, untuk pecinta joging juga sepertinya cocok datang ke sini. PAsar ini terbentang di pinggir sepanjang jalan, ga bakal kerasa pokonya jika belanja, tahu – tahu sudah sampai di jalan terujung! Kabar buruknya, semenjak ada mall baru di daerah ini, pasar ini beralih tempat dan lama – kelamaan seperti hilang,

    Pasar Anyar
    Pasar tradisional yang lengkapp untuk urusan pakaian harga miring. Apalagi bagi kaum hawa.
    Pokoknya bagi perempuan shopping seperti sebuah kepentingan. Nah lohh, makanya jika ada free full time saya suka blusukan ke sini mulai dari pagi. (tahu sendiri kan kalau perempuan memilah baju saja kaya apa tauuu, alias galau pengen dibeli semua). Oh ya, tidak hanya pakaian saja, layaknya pasar tradisional biasanya pasti menyediakan berbagai macam kebutuhan. Saat ini kondisi bangunan pasar ini telah lebih baik dari segi bangunan dan fasilitas daripada sebelumnya.Jika kalian ingin ke sini, pasar ini terletak di kawasan Kota Bogor ya daerah Pengadilan.

    That’s all. See you in Bogor

  12. Hai mas Adhit, ikutan #GAwisatadaerahmu ya.

    Nama : Aliyatin Istiqomah
    Facebook : Aliyatin Istiqomah
    Twiter : aliyaalkhusa1
    G+ : aliyasyarief@gmail.com

    Potensi wisata belanja? Hueemb.. bingung sih kalau dipikir pikir.. Sebenernya di Pati sih gak ada banyak mall cuman ada beberapa, di antaranya Luwes, Ada, Pantes yang mana kamu bisa mencari berbagai accessoris, pakaian, sepatu, dll dengan berbagai kalangam harga.
    Saat weekend, kalau gak sibuk sering ke Luwes, cuma buat liat liat promo, kalau ada yang cocok harganya baru beli. Ya itung itung buat refreshing gitu 😀 . Tapi dipastikan kalau weekend sering sibuk, jadi jarang ke sononya 😀
    Oh iya, Luwes ini terletak di jalan Dr.Sutomo, tepatnya di selatan alun alun Pati Jawa Tengah guys.
    Penasarankan, apa sih produk orang Pati yang dijual di sini?
    Ini nih guys beberapa produknya :

    Tas Batik
    Tas Rajut dan Dompet Rajut
    Ini waktu pengambilan gambarnya waktu di rumah ya, bukan waktu masih di Luwesnya
    https://m.facebook.com/photo.php?fbid=728662577231533&id=100002633914179&set=a.181078278656635.37011.100002633914179&refid=17&ft&tn=E
    Tas rajut ini dijual dengan harga Rp.50.000 – Rp.200.000, tergantung bentuk dan ukuran ya guys. Sedangkan dompetnya mulai harga Rp.5000.
    Bros(accesoris kerudung) Rajut
    https://m.facebook.com/photo.php?fbid=728662263898231&id=100002633914179&set=a.181078278656635.37011.100002633914179&refid=17&ft&tn=E
    Bros cantik nan unyu ini bisa kamu miliki dengan harga minimal Rp.5.000 guys.

    Gimana? menarikkan? 🙂

    Gak ketinggalan juga ada camilan khas pati, Ceriping Ketela.
    Gak usah dikasih pict ya guys, pasti kan udah tau, hehee.

    Eh iya, kalau udah keluar dari Luwes, jangan lupa beli kue sampok di depan ya,, murah ko, cuman Rp.500. 🙂

    Udah dulu ya kawan kawan cerita tentang Potensi Wisata Belanja di Pati.
    Bye.. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s