Depok Si Kota Belimbing

2015-09-03 10.18.47
Kuku Macan berbentuk Belimbing Dewa – Aksesoris Abang Depok

“Apa ikon dari Kota Depok?”

Pertanyaan itu harus banget bisa dijawab sama siapa aja yang akan mendaftar jadi Abang Mpok Depok. Itu seakan pertanyaan wajib yang akan selalu ada di lembar tes tertulis saat audisi Pemilihan Abang Mpok Depok. Ya, betul banget, mari lupakan sejenak tentang Masjid Kubah Mas, Depok punya Belimbing Dewa sebagai ikon kota.

Kalo lo baru masuk Kota Depok dari arah pasar minggu, pasti pernah liat di gerbang selamat datang yang ada di Jalan Margonda, ada buah belimbing yang menggantung di tengah-tengah gerbang selamat datang. Itu lah yang menunjukan kalau Kota Depok sangat bangga dengan Belimbing Dewanya.

gerbang-kota-depok-jawa-barat-_130613151824-247
Gerbang Kota Depok di Jl. Margonda Raya

Sebagai kota yang cukup subur karena dialiri oleh dua sungai besar, Sungai Ciliwung & Cisadane, Depok sangat cocok ditanami oleh tanaman belimbing. Nah, salah satu jenis belimbing yang menjadi primadona di Kota Depok itu adalah Belimbing Dewa.

Belimbing Dewa ini merupakan hasil buah karya petani penangkar, Bpk. H. Usman Mubin. Buah yang berwarna kuning-oranyekeemasan ini mengandung vitamin C & A yang cukup tinggi, buah besar dan dapat mencapai 0.8 Kg per buah. Buah yang memiliki rasa manis ini ditenggarai sebagai obat herbal penurun darah tinggi/hipertensi, kencing manis, nyeri lambung, dll. Sangat prospektif dikembangkan di Kota Depok dan menjadi buah unggulan karena secara komparatif lebih unggul dibanding buah belimbing lain yang ada di Indonesia. (sumber : depok.go.id/profil-kota/ikon-kota-depok)

Belimbing Dewa
Belimbing Dewa

Gue sendiri sebenernya sebagai orang yang udah dua tahun tinggal di Depok dan jadi Duta Pariwisata kota ini belum pernah loh nyicipin buah yang jadi unggulan di kota yang terkenal dengan kemacetan Jalan Margondanya kalo weekend. Tapi biar begitu, gue sangat familiar dengan buah ini. Secara ya, di deket kostan gue itu banyak banget pohon Belimbing Dewa. Banyak banget kebon belimbing di daerah Kel. Pondok Cina tempat gue tinggal. Menariknya emang dari Belimbing Dewa ini adalah ukurannya yang cukup besar ya menurut gue untuk buah belimbing, dan juga warna kuning-oranye-keemasannya yang menarik perhatian dan kelihatan seger banget!

Ini ketika gue liat proses panen Belimbing Dewa dekat kostan
Ini ketika gue liat proses panen Belimbing Dewa dekat kostan

Kalo boleh dibilang, Belimbing Dewa ini menjadi salah satu komoditi yang cukup kuat dan memiliki produktivitas dan penghasilan yang cukup besar untuk suatu produk pertanian perkotaan. Tanaman produktif ini terdapat kurang lebih 27.000-28.000 yang ada di Kota Depok. Tiap pohon memiliki kapasitas produksi rata-rata 100-150 Kg per tahun!

2015-01-26 14.27.28

Nah, di Abang Mpok Depok, Duta Pariwisata Kota Depok sendiri, belimbing dewa itu udah kaya sesuatu yang gak bisa lepas dari kita banget deh. Kami sebagai Duta Pariwisata perlu tahu dan paham betul tentang buah yang menjadi ikon kota kami ini. Salah satu aksesoris Abang yang dipakai di Beskap (baju kebesaran Abang) aja yaitu kuku macan berbentuk belimbing.

2015-02-08 10.09.50-2
Nah, itu yang ada di dada gue ngegantung berwarna emas adalah aksesoris kuku macan berbentuk Belimbing Dewa

Ketika mengikuti City Tour waktu jadi Abang Mpok Depok dulu, gue mendatangi pusat oleh-oleh Kota Depok yang ada di atas restoran Mang Kabayan (tapi sekarang udah ditutup karena satu dan lain hal), dan mendapati banyak banget olahan dari buah Belimbing Dewa ini. Mulai dari minuman, dodol, dan lain-lain.

2014-06-01 10.13.33
Jus Belimbing Dewa (salah satu olahan Belimbing Dewa)

Gak hanya itu, karena menjadi ikon kota, Belimbing Dewa juga dijadikan salah satu motif batik khas Kota Depok loh! Bahkan beberapa dari kami pasti punya dan dimodifikasi untuk dijadikan pakaian resmi untuk dipakai ke acara-acara resmi undangan dari Duta Pariwisata di kota lain.

2014-06-01 09.51.07
Ada yang bisa tebak yang mana aja batik dengan motif Belimbing Dewa?
photo 2
I love this blue one! (sumber: Fadil AMD2014)
IMG_3107
Batiknya bisa dijadikan dress kaya gini 🙂 (sumber : Muthia Septiani AMD2015)
DSC_3066
Abang(s) on the runway 🙂
IMG_3197
Warna terang ini dipake cowok juga bagus kok. (Sumber: Muthia Septiani)

Menariknya adalah, kalau lo pernah datang ke acara Malam Grand Final Pemilihan Abang Mpok Depok, akan ada satu ritual yang bernama Parade Belimbing. Di sana kamis sebagai Abang Mpok Depok akan berjalan mengelilingi ruangan dengan anggun dan gagah sambil membagikan buah belimbing kepada pengunjung. Di sana, setiap pasang Abang & Mpok akan membagikan 3-4 buah belimbing secara simbolis kepada beberapa pengunjung. Di situ saat-saat yang menharukan menurut gue, bahkan sampe harus nahan air mata HAHAHA! Soalnya di situ kita berada sangat dekat dengan penonton dan keluarga kita, juga disitu saat-saat sebelum penobatan pemenang Abang Mpok Depok.

Suasana Parade Belimbing Abang Mpok Depok 2014 (sumber : AMD 2013)
Suasana Parade Belimbing Abang Mpok Depok 2014 (sumber : AMD 2013)

So, kalo di tanya apa ikon dari Kota Depok, gue dan kami Abang Mpok Depok pasti akan kompak menjawab “Belimbing Dewa”!

Advertisements

14 thoughts on “Depok Si Kota Belimbing

  1. Seger dan ranum ya buahnya Mas. Saya juga baru tahu ini loh ada komoditi unggulan kota Depok. Satu komoditi saja sudah jadi kebanggan dan menjadi inspirasi dalam bentuk apapun seperti pada motif batik, aksesori, dan berbagai model pakaian. Salut! Semoga tetap produktif dan terus berinovasi mencari bibit unggulan 🙂

  2. Seumur-umur dan beberapa waktu lalu sempat menjadikan Depok sebagai ‘taman bermain’, baru tahu aku kalau ikon nya Depok itu Belimbing Dewa. Jangan-jangan orang Depok sendiri banyak yang gak tau hehehe …

    Btw, kalau gak ngeliat ke gambar pasti agak-agak bingung deh ngebayangin, ‘kuku macan berbentuk belimbing’. baru tau juga kalau hiasan di baju macam itu disebut kuku macan hahaha 😀
    mulai bayangin macan beneran, kukunya berbentuk belimbing. nyakarnya gimane bang?

    Informatif banget nih! Tfs 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s