Merasakan Sensasi Adu Sumo di Kwansei Gakuin University Jepang

Gak pernah kepikiran buat gue bisa ngeliat pertandingan sumo langsung di depan mata, apalagi ngerasain bertanding sumo langsung. GAK KEBAYANG. Tapi, akhirnya gue mendapat kesempatan itu ketika mengunjungi Jepang, Februari lalu. Salah satu rangkaian kegiatan progam Jenesys 2.0 Batch 11 Mass Media yang gue ikuti kali itu adalah mengunjungi salah satu perguruan tinggi yang ada di Jepang, tepatnya di perfektur Hyogo. Perguruan tinggi yang gue kunjungi saat itu adalah Kwansei Gakuin University (KGU), yang berada di kota Nishinomiya, perfektur Hyogo. Di sana, gue merasakan sensai belajar dan adu sumo secara langsung.

Kwansei Gakuin University

FYI, Kwansei Gakuin University didirikan pada 1889 dan sekarang telah berumur lebih dari 120 tahun! KGU merupakan perguruan tinggi komprehensif yang terdiri dari 11 fakultas (teologi, sastra, sosiologi, hukum dan politik, ekonomi, administrasi bisnis, studi kesejahteraan manusia, studi internasional, pendidikan, studi kebijakan, sains dan teknologi) dan 13 jurusan pascasarjana.

Kampusnya luas banget! Bangunannya berarsitektur klasik, tapi terawat dan bersih. Kampusnya punya lapangan yang luas banget dan di samping-sampingnya ditumbuhi pohon-pohon sakura dan ketika musim semi tiba, para mahasiswa dapat menikmati pemandangan indah bunga sakura bermekaran gratis di kampus (katanya sih kalo di tempat umum bayar).

P1190403 P1190401 P1190405

Nah, pada kesempatan itu, gue sangat beruntung mengunjungi kampus bergengsi satu ini. Mulai dari makan siang di restoran mewah Poplar, bertemu dan bertukar kebudayaan dengan mahasiswa yang ada di sana, keliling kampus sampai yang paling berkesan adalah belajar dan bertanding sumo dengan para mahasiswa klub sumo di KGU.

P1190392
Menu makan siang di Poplar Restaurant

Baru masuk ruang klub sumo, gue yang pertama masuk kaget dong. Di depan gue cowok-cowok gede berbadan putih gak pake celana, cuma celana dalam sumo (mawashi), dan gue langsung memperingatkan group gue yang kebanyakan cewek untuk jangan kaget. Cowok-cowok bertubuh gempal dari klub sumo ini terlihat malu-malu awalnya melihat cewek-cewek Indonesia dari group gue masuk ruangan, tapi meski begitu mereka tetap ramah. Kami dipersilahkan duduk terlebih dahulu kemudian mendengarkan penjelasan dari ketua klub yang lumayan ganteng dan dikagumu sebagian cewek-cewek group gue. Tubuh ketua klub sumo ini gak gendut sama sekali, tinggi, gak kurus-kurus amat, tapi padet. Dia yang paling kurus kali ya dibandingkan anggota klubnya.

Setelah mendengar penjelasan singkat dari ketua klub, kami dipersilahkan memilih lima orang cowok untuk jadi volunteer dan merasakan pengalaman belajar sumo. Meski awalnya agak sedikit ragu, gue yang disitu berbadan gak terlalu besar pun dengan excited menawarkan diri, “kapan lagi” pikir gue dalam hati. Lagipula, sebagai ketua kelompok group, gue pasti bakal disuruh maju juga, hahaha!

Setelah lima cowok dari group gue terkumpul, kemudian kami dipersilahkan memakai mawashi. Awalnya kaget dong gue kalo sampe harus buka celana kaya mereka, eh ternyata gak perlu, pake jeans juga bisa, HAHAHA!

2015-02-27 13.27.02
Pertama begini…
2015-02-27 13.27.04
Diputer….
2015-02-27 13.27.28
Diputer beberapa kali..
2015-02-27 13.27.45
Duh, mesra amat yah :’)
2015-02-27 13.28.36
Hampir siap..
2015-02-27 13.28.56
Jadi deh!

Setelah memakai mawashi kami pun melakukan sedikit pemanasan. Jangan kira pemanasanya gampang yah! Baru pemanasannya aja dah susah dan bikin gue keringetan 😦

2015-02-27 13.31.57
Semua sudah siap dan akan memulai pemanasan,
2015-02-27 13.31.35
PENUH PERJUANGAN DAN CAPEK!

Lebih jelasnya mengenai penderitaan kami saat pemanasan sebelum bertanding sumo, bisa dilihat di video berikut:

Setelah pemanasan yang cukup menyiksa itu, kita pertama kali mencoba tekhnik mendorong dalam olahraga sumo, coba disaksikan kebodohan gue di sini:

GAK GAMPANG LOH ASELI!

2015-02-27 13.31.03
Tim KGU
2015-02-27 13.31.07
Tim Pelajar Indonesia

Nah sekarang 1-on-1 battle nih! Giliran masing-masing dari kita melawan salah satu dari para mahasiswa klub sumo KGU. Gue pun milih lawan yang gak gede-gede banget dong yah. Kira-kira siapa hayo yang menang?

Setelah 1-on-1 battle, dan masing-masing dari kita kalah semua, hahahaha! Sekarang saatnya giliran kami tim pelajar indonesia yang lima orang melawan dua pesumo dari klub sumo KGU. Iya 5 vs 2, kira-kira gimana hasilnya ya?

Dari beberapa video di atas terlihat bahwa teriakan gue gede banget ya! Hahaha! Tapi tetep aja kalah kami semua meski berlima lawan dua orang. 😀

Menang atau kalah, kami semua gak peduli, yang kami tau we had a lot of fun at that moment! Setelah acara belajar dan bertanding sumo tadi, kami pun memberikan kenang-kenangan berupa cindera mata kepada teman-teman dari klub sumo.

They love our gift!
They love our gift!

Mungkin, kita sering pesimis duluan terhadap tantangan atau hal baru yang akan kita hadapi. Kita takut, kita berfikir kalo kita gak akan bisa melaluinya atau mengatasinya, padahal kita bahkan belum sempat mencobanya. Mana kita tau kita bakal berhasil apa gak. Seperti dalam cerita gue, gue mungkin udah tau dari awal kalo gue gak bakal bisa ngalahin para mahasiswa sumo tadi, tapi setidaknya gue mencoba dan menantang diri gue untuk hadapin mereka. Menang atau kalah mah urusan belakangan, yang penting gue gak penasaran dan nyesel nantinya. Selain itu, justru gue malah bersenang-senang dengan mencoba hal baru. Dapat pelajaran, pengalaman dan teman baru. Bukannya itu salah satu hal yang penting ketika menjalani atau menghadapi sesuatu dalam hidup ini?

Life is full of surprises, you never know if you never try.

Advertisements

22 thoughts on “Merasakan Sensasi Adu Sumo di Kwansei Gakuin University Jepang

  1. Setuju! Kadang kita takut mencoba dengan alasan malu, segan, takut ditertawakan, tapi sebenarnya dengan demikian kita mengkerdilkan diri kita sendiri dan mencegah diri untuk maju, yang pada akhirnya ketika orang lain yang maju akan membuat kita menyesal banget-banget. Saya jadi terpacu juga buat selalu mencoba sesuatu yang baru nih Mas, siapa tahu ada manfaatnya :hehe. Terima kasih sudah menginspirasi!

  2. Setuju banget dengan bagian akhir dari postingan ini, rasanya hal terbaik yang kita dapatkan dari mencoba adalah ‘pengalaman’ itu sendiri. Tidak peduli kita berhasil atau gagal, dan menang ataupun kalah. Paling nggak khan jadi punya cerita ya?

  3. Hahahaha videonyaaa :v :v :v
    jadi penasaran pingin Sumo juga, secara badanku gak jauh beda sama orang-orang itu. Gempal menggemaskan gitu lol

    Salam kenal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s