5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Main ke Bandar Lampung

Dulu, gue pernah bermimpi punya pacar orang Palembang. Alasannya cuma satu, biar bisa sering-sering dimasakin pempek. Namun, setelah punya pacarorang Bandar Lampung, semua berubah.

Sebagai penggemar dan pengamat pempek level abal-abal, dimana pun gue berada, kalo ada yang jual pempek gue selalu coba sempetin nyicip, sekedar buat ngebandingin rasa pempek dan cukonya (cuk0=kuah pempek yang terbuat dari gula merah, asem, cuka, bawang putih dan cabai). Sayang aja gue gak punya atau bikin log book buat pempek yang pernah gue cobain. Lebih dari seratus ada kali ya, hahaha!

Dari dulu gue pikir pempek yang enak itu cuma ada di Palembang, ternyata gue salah. Pempek enak juga ada di Lampung, Bandar Lampung tepatnya. Beberapa waktu lalu saat gue main ke Bandar Lampung, gue  sempat mencicipi pempek di salah satu restoran pempek di kota tersebut dan ternyata enak! Tapi, Bandar Lampung gak cuma menyimpan pempek sebagai harta karun kulinernya loh, ternyata ada yang lain. Nah, di sini akan gue share lima kuliner berkesan yang gue coba saat gue main ke Bandar Lampung, dan gue rasa bagi yang baru pertama kali ke Bandar Lampung atau mau wisata kuliner di Lampung harus cobain lima kuliner Lampung ini. Kok lima sih Choy, nanggung amat? BAWEL! Orang gue nyobainnya cuma segitu!

1. Bebek Bakar Mbok Wito

2015-11-03 17.54.34

Di Bandar Lampung ada beberapa outlet RM Mbok Wito, yang gue coba kemarin itu adalah RM Mbok Wito 2 di Jalan Arif Rahman Hakim, No. A16, Way halim. RM Mbok Wito memiliki menu utama olahan ayam dan bebek. Ketika sampe di sana, gue penasaran dan langsung pesan Bebek Bakar Bumbu Kacangnya. Gak lupa waktu itu juga gue pesan kol goreng, lalapan dan sayur asem.

Pas hidangan sampe, gue cukup kaget dengan sajian bebek bakarnya, ukurannya lumayan besar buat gue dan tertutup pekat sama bumbu kacangnya. Pas gue cobain, Subhanallah, baru pertama kali gue nyobain hidangan bebek seenak ini. Terdengar berlebihan sih, tapi serius deh, daging bebek bakarnya yang dibalut bumbu kacang yang pekat itu enak banget! Dagingnya empuk, gak alot, bumbu kacangnya lengket-lengket gimana gitu, ditambah dimakan sama kol goreng dan es kelapa jeruk. Huaaa! Nulis ini jadi kangen makan bebeknya 😩.

Berdua makan di situ dengan menu ayam bakar, bebek bakar, lalapan, sayur asem, nasi dan minum sekitar Rp. 75.000, dan kami puas!

2. Nasi Uduk Toha

2015-11-04 20.04.05

“Yang spesial dari nasi uduk ini apa sih, kok ngehits?”

“Hmmm apa ya? Mahalnya mungkin.”

Gue pikir itu jawaban bercandaan ketika gue menunggu hidangan waktu makan malam di Nasi Uduk Toha, Jl. R.A. Kartini No. 156, Bandar Lampung. Tapi ternyata jawaban itu gak bohong! Gue kaget sekaget-kagetnya dan melongo waktu bayar itu nasi uduk. Makan berdua, 2 nasi uduk, 2 ayam goreng, 2 teh hangat, emping, dan tahu-tempe goreng, masa totalnya 75 rebu! Gak masuk akal sih menurut gue ya, tapi namanya udah abis, ya harus bayar.

Gue gak ngerti kenapa nasi uduk ini jadi legenda dan bagi yang ke Bandar Lampung katanya gak afdol kalo gak ke sini. Tapi menurut gue rasanya biasa aja, sorry to say ya.. Mungkin karena di Bandar Lampung susah nyari nasi uduk kali ya, apalagi di malam hari.

Tapi emang bener, kuliner ini harus kamu coba deh, kalo gak, belum afdol ke Bandar Lampungnya 😀 Gue sih cukup sekali aja, kecuali dibayarin haha!

3. Pempek Lampung

2015-11-05 20.24.23

Kalo ke Lampung, sempatkanlah kalian nyicipin pempek di sana, mulai dari yang di gerobak di pinggir jalan, sampe yang udah naik kelas dan di jual di restoran khusus pempek. Menurut pacar gue, pempek Lampung sama enaknya kok sama pempek Palembang.

Pas ke Bandar Lampung kemarin, gue cuma sempet nyicipin satu restoran pempek, yaitu Pempek Selamat Teluk Betung Jl. MS Batu Bara No. 48. Kalo kata pacar, selain udah dikomersialisasikan, di sini rasanya biasa aja, masih ada yang jauh lebih enak dengan harga yang lebih murah.

Pas gue cobain, enak kok! Apalagi yang pempek keritingnyaa, favorit banget!!! Cukonya juga enak, pedesnya pas, manisnya pas, seger! Selain pempek, di sini juga ada otak-otaknya lho! Kemarin beli menu paketan di sini dan ngabisin Rp. 100.000an kalo gak salah ya. Worth to try lah!

4. Bakso  Sony

2015-11-06 17.51.16

Kenapa sama tampilannya? Hah? 😀 Jangan remehkan tampilannya sebelum nyobain. Setidaknya itu yang gue rasakan waktu itu.

Setelah beberapa hari muter-muter Bandar Lampung , dan selalu tutup karena kemaleman pas mau beli Bakso Sony, akhirnya di hari terakhir gue bisa merasakan Bakso Sony yang melegenda itu. Waktu itu gue nyobain Bakso Sony pusat yang ada di Jl. Wolter Monginsidi. 

Harga seporsi baksonya Rp. 15.000 dengan isi cuma 6 butir bakso kecil-kecil, kalo mie ayamnya…ngggg… lupa! Karena waktu itu laper banget dan gue cuma fokus sama makan baksonya. Tapi, harganya gak jauh beda lah.

Ternyata eh ternyata, rasa baksonya enaaaaaak! Daging sapinya berasa bangettt, baksonya kenyal, empuk, dan gurih! Percaya deh, makan seportsi doang pasti minta nagih 😀 Wajib nyobain!

Bakso Sony udah punya beberapa outlet yang tersebar di beberapa daerah di Bandar Lampung. Katanya sih kualitas rasanya sama aja, yang bedain antrian dan ramenya pembeli. Selain bakso dan mie ayam, di sini juga dijual pempek beku loh buat oleh-oleh, baksonya juga bisa dibawa buat oleh-oleh. 😀 Beberapa cabangnya antara lain:

Jl. Wolter Monginsidi (deket RS Bumi Waras) -> pusatnya
Jl. Z.A Pagar Alam (deket Teknokrat)
Jl. Raden Intan (sebelum Gramedia)
Jl. Cut Nyak Dien (deket RM Garuda di Depan Chandra Pasar bawah

5. Keripik Pisang Lampung

download

Ke Bandar Lampung gak lengkap rasanya kalo gak beli oleh-oleh keripik pisang. Keripik pisang bisa dibilang merupakan makanan oleh-oleh khas dari Lampung. Saking hitsnya, keripik pisang banyak yang dimodifikasi dengan menambahkan berbagai rasa mulai dari keju, susu, coklat, balado, stroberry hingga melon.

Waktu beli oleh-oleh buat orang rumah, gue dibawa ke Gang PU yang terletak di Jalan Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung. Itu gangnya ada di seberang Mol Bumi Kedaton. Di sana emang terkenal sebagai sentra industri penghasil keripik pisang dan banyak banget toko yang menjual keripik pisang. Kemarin, gue diajak ke Toko Istana Ibu Mery, di sini menjual aneka keripik pisang baik goreng maupun panggang. Harganya cukup terjangkau kok, cuma Rp. 12500 per 1/4 kg. Kalo ke Bandar Lampung, pokoknya jangan lupa deh beli keripik pisang, kalo gak, gak afdol :D.

Itu dia lima kuliner versi gue yang harus kalian coba kalo lagi jalan-jalan atau mampir di Bandar Lampung. Selain lima di atas, ada lagi gak sih?

Advertisements

19 thoughts on “5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Main ke Bandar Lampung

  1. Jadi lapar Mas :hehe. Masakan sana bhineka sekali ya, varian daerahnya banyak, mau cari bebek, bakso, pempek, ada semua :hehe. Saya jadi merasa bersalah, Lampung dekat tapi tak pernah saya kunjungi. Akan saya agendakan deh, wisata kulinernya menggoda banget sih. Terima kasih buat rekomendasinya! Yang mahal-mahal akan saya datangi juga, tapi belakangan :haha.

    1. Hahahaha!

      Iya karena di Lampung juga banyak orang Jawa, dan banten, jadi ya makanannya juga beragam sih. Ketoprak aja di sana hits babget, dimana-mana ada…

      Sent from my iPhone

      >

  2. HUahaha harga nasi uduknya mencekik kantong banget! Nggak ada daftar menu plus harganya, Choy?

    Bakso Sony tetep andalan. Kalo kuliner lain, next time cobain pindang patin. Udah kutulis di blog hehehe 🙂

    1. Meluncur ke blog mu ahh!!

      Daftar menunya beberapa kehapus mas di handphone :((

      Tapi next akan diriku update kalo ke sana kok 😂

      Aku kalo ke lampung mau ke tempat2 yang gak umum ke mana aja ya?

      Sent from my iPhone

      >

      1. Tempat yg nggak biasa itu di Bandar Lampung ada Taman Kupu-Kupu trus Taman Hutan Kera, titik nol atau tugu Pelampung Gn Krakatau. Duhh jd inget draft blog yg isinya obyek-obyek tsb hahaha

  3. kak di lampung ad nasi uduk enakselain toha.uduk toha krn uda punya nm dan tmpt.klo uduk yg 1ni tmpt ny nyempil di dlm gg.ayamny ayam kampung..tp yg dateng..itu antrian smpe mkan di mobil masing2 krn penuh coz tmptny kecil..tp buat ku uduk toha biasa rsnya..uduk ini gd nama…pngunjung jg may chines..cm mkn uduk+ayam tnpa psen minum br2 50rb..krn disna dpet teh tawar jg.mahal jg sih..dan porsi nasi sedikit tp ini dr jaman aku kecil.soal mpe2 kebetulan popo ane jualan mpe2 dilmpung dengan hrg yg sngat jauh dr mpe2 selmt tp rsnya maknyos

  4. Utk para pengusaha kuliner yg membutuhkan daging sapi, tulang iga, buntut, dll dapat menguhubungi 082181180114 harga menyesuaikan. Lokasi: pasar pasir gintung bandar lampung… Trimakasih^ kita sedia adonan bakso juga…

  5. Makasih infonya, Ada info juga nih buat yang baca : sudah hadir pusat oleh-oleh Lampung terbesar Aneka Sari Rasa yang terjamin dan terpercaya, kalian ragu? Dateng aja ke lapak kite di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. http://anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id http://anekasarirasa.blogspot.co.id http://ririskagultom.blogspot.co.id http://pujiaku.blogspot.co.id http://bernardinusap.blogspot.co.id http://usahakanaku.blogspot.co.id http://apelaja.blogspot.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s