Mamah..Maaf ya Aa Jarang Pulang..

  
Di tengah-tengah kontroversi ucapan hari ibu di linimasa media sosial, hari ini justru gue tenggelam dalam kesibukan pribadi gue. Bahkan gue baru ucapin selamat hari ibu ke Mamah malam ini, itupun gak dibales sama Mamah, mungkin udah tidur, capek. 

Mamah gue wanita kuat, Mamah gue wanita tangguh. Bukan orang berpendidikan tinggi, cuma mentok sampai SMP. Tangan dan kaki Mamah sekarang udah kurus dan keriput, giginya bahkan udah habis dan cuma pakai gigi palsu. Tapi mamah, tetap cantik, buat gue tetap cantik. Mamah selalu bertahan menjalani kehidupannya, ya meski gak selalu menyenangkan. Bayangin aja, bangun jam 3 subuh, nyuci sampe pagi, masak, beberes rumah, nyuci lagi, masak, istirahat sebentar, nyetrika baju, begitu seterusnya selama bertahun-tahun. Mamah capek, pasti, gue tahu itu, tapi mamah menikmatinya dan mencoba tidak mengeluh, karena itu udah kewajibannya. 

Kadang gue di sini saking sibuknya suka lupa sendiri Mamah di sana sibuk apa? Kondisinya gimana? Udah makan belum? Mamah justru yang lebih sering nanyain keadaan gue. 

Mamah gak pernah nyuruh gue pulang ke rumah, Mamah tahu persis apa yang sedang gue jalani. Adek gue pernah kangen sama gue dan minta Mamah SMS gue buat pulang, mamah cuma ngomong “Gak usah dek, kalo Aa kangen juga dia pasti pulang sendiri. Aa mau lulus cepet.” 

Mamah selalu dukung gue, semua keputusan gue. Di kala banyak orang tua lain mungkin yang nanyain kapan anaknya nikah karena usia, atau bahkan ketika banyak saudara dan tetangga yang nanya kapan nikah. Mamah yang selalu berada paling depan dan bilang “Gak boleh pacaran dulu, nanti ya A, kalo udah sukses.”.

Betapa gue sayang sama Mamah. Pengen rasanya sehari bisa ajak Mamah jalan-jalan, makan enak, nginep di hotel enak dan kasurnya empuk, seperti yang sering gue rasakan. Pengen bikin dia senyum, bahagia, atau setidaknya menghindarkan dia dari asap dapur dan bersenang-senang memanjakan diri sejenak. Pengen banget! Nanti ya Mah, pasti kok.. 😊

Maaf ya Mah, Aa jarang pulang. Maaf udah jarang bantu-bantu di rumah dan lebih sibuk sama urusan dan hidup sendiri. Maaf ya Mah jarang banget sekarang kecup pipi atau mijitin mamah kalo lagi capek. Maaf gak bisa ada di sana waktu mamah lagi sakit. Padahal jarak Bekasi-Depok cuma sekepleset nyampe, tapi Aa jarang pulang. Maaf ya mah bukan mau jadi anak durhaka, cuma mau bikin keluarga kita lebih sejahtera, cepat atau lambat. Pasti.

Advertisements

One thought on “Mamah..Maaf ya Aa Jarang Pulang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s