Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Ketika Kuliah

6R7KCXBEEE

Ceritanya gini..

Jumat kemarin gue abis ngambil hasil nilai kuliah selama semester lima. Hasilnya, bagi gue mengecewakan dan bikin shock pas awal ngeliat. Iya, IP dan IPK gue terjun bebas ke angka 3.5. Angka yang bagi gue mengecewakan sih sebenernya. Ditambah itu karena nilai salah satu mata kuliah yang sebenernya gue kuasai dapet ‘C’. Gue gak pernah menoelir nilai ‘C’ dalam kuliah, bagi gue itu nilai menyebalkan.

Pas baru pertama nerima KHS (Kartu Hasil Studi), gue lemes, marah, kesel dan kecewa. Gimana gak, nilai ‘C’ itu adalah mata kuliah yang gue kira bakal dapet ‘A’ karena gue kuasai materinya. Udah gitu nilai presentasi gue, nilai tugas dan ujian gue baik UTS dan UAS bagus semua loh! Selain itu, gue juga sering bela-belain belajar kelompok dan bantuin temen-temen gue yang kurang paham sama mata kuliah tersebut dan belajar bareng mereka sampe tengah malam. Udah gitu, di tiap presentasi kelompok, seringnya juga gue yang diandalkan untuk menjelaskan kasus, dan kalo kata mereka ya istilahnya penyelamat lah. Tapi mereka malah dapet nilai ‘A’, ‘B’, gak ada yang ‘C’ kaya gue. Sakit hati banget sih, sumpah. Gak terima sama gak adil aja rasanya.

Tapi kemudian gue sadar, gak ada yang bisa disalahin selain diri gue sendiri. Iya, jadi suatu ketika ada kuis, dan waktu itu gue kurang belajar banget karena sibuk kerja dan lain hal. Alhasil nilai kuis gue ternyata nol. Itulah yang menyebabkan gue dapet nilai ‘C’, meski presentasi dan nilai ujian gue bagus.

Di situ gue sadar, kalo gue yang salah, gak bisa mengelola waktu, gak belajar banyak, dan nganggap remeh mata kuliah ini karena nilai UTS gue udah bagus. Di sini mungkin gue takabur dan merasa di atas angin, tapi gue salah, justru itu yang menjatuhkan gue. Sakit hati dan sedih banget karena tau itu adalah kesalahan gue sendiri, kesalahan dan kegagalan yang gue dapat atas kurangnya gue belajar.

Di titik ini gue jujur merasa gagal dan jatuh. Biasanya gue dapet IP semester selalu di atas 3.6, sekarang gue harus terima IP 3.5, dan itu membuat gue pertama kalinya mendapatkan kuota SKS sebanyak 21. Biasanya gue selalu ambil 24 SKS selama kuliah, baru kali ini 21 SKS. Sedih, tapi gak begitu lama sedihnya, sebentar doang. Karena gue tau ini gak jauh dari ekspektasi gue terhadap semester lima kemarin. Syukur gue masih bisa dapat IP 3.5, karena gue pikir tadinya akan banyak dapet nilai ‘C’ karena berbagai macam tugas yang menumpuk dan beberapa mata kuliah mendapat nilai UTS kurang memuaskan. Selain itu gue juga disibukkan dengan banyak kegiatan di luar kampus dan kerjaan yang menyita pikiran dan tenaga, tadinya bahkan gue menyangka akan ada mata kuliah yang mati, syukurlah nggak!

Semester lima membuat gue belajar banyak hal, di antaranya:

  1. Jangan pernah meremehkan hal apapun dalam kuliah, mata kuliah apapun jangan anggap enteng, kalo gak belajar gak akan lulus maksimal. Berasa banget sama gue yang dapet nilai kaya gitu kemarin.
  2. Gue belajar gimana menghadapi dan menerima kegagalan, di sinilah waktunya gue belajar merasakan kegagalan dan gimana gue menghadapinya, bukannya jatuh tapi harus bisa bangkit lagi dan memperbaiki kegagalan itu. Gue bersyukur bisa merasakan hal ini selama kuliah, kayaknya hal ini penting bagi gue untuk jadi lebih dewasa.
  3. Kita selalu bisa berencana tapi tuhan yang menentukan, kita harus terus berusaha keras dan berserah diri aja. Awalnya gue dari awal kuliah berencana dapetin IP 4 minimal selama 2 semester, tapi sampe sekarang gak pernah dapet selalu di bawah itu. Ya walaupun selama ini IP gue cukup bagus dan memuaskan sih untuk gue yang sambil kerja, hehe.. Tapi ya gue jadi belajar untuk tidak terlalu keras sama diri gue sendiri, gue udah lakukan yang terbaik semampu gue, hasilnya ya pasti gak jauh dari usaha yang gue lakukan sih hehe.
  4. Gak boleh bergantung sama orang lain, selain itu yang paling penting jangan terlalu baik sama orang lain, berbuat banyak sama orang lain, akhirnya lo lupa sama diri lo sendiri. Semester ini gue banyak bantu dan ngajarin orang lain, tapi gue sendiri lupa belajar untuk diri sendiri dan itu kurang bijak yah gue rasa.

 

Yah, gue rasa beberapa pelajaran itu bisa gue ambil sebagai hikmah hidup ya. Bagi sebagian orang mungkin itu biasa aja, tapi bagi gue ini pelajaran berharga bagi gue. Sampe sekarang, gue gak pernah menyesal keluar kerja untuk kuliah meski telat banget. Karena pengalaman seperti ini juga yang mungkin gak bisa gue dapat ketika gue kerja. Mungkin bisa dapat hal yang sama, tapi versi dan rasanya akan berbeda juga hehe.

Untuk yang masih kuliah, dan mungkin lagi merasa lelah, terpuruk dan gak ada semangat, coba lah untuk bangkit. Lakukan yang terbaik, kalo kamu buat kesalahan, akui dan perbaiki, jangan jadikan itu alasan untuk berhenti atau mundur. Kalau hasil akhir gak sesuai ekspektasi kamu, ingatlah, pembelajaran selama proses menuju akhir adalah suatu hal yang akan mendewasakan kita. 🙂

Semanat! Sebentar lagi lulus!

Advertisements

3 thoughts on “Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Ketika Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s