Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Tatung Singkawang

Kalo kalian udah baca postingan gue yang “Kota Singkawang dan Tradisi Cap Go Meh” pasti udah tau dong bedanya perayaan Cap Go Meh di Singkawang dengan di tempat lain? Yoi, bener banget, bedanya adalah adanya parade Tatung. Seperti yang udah gue jelasin sedikit sebelumnya di artikel tersebut. Tatung pada perayaan festival Cap Go Meh di Singkawang telah menjadi pusat perhatian dan juga sorotan masyarakat dunia.

Pada festival Cap Go Meh Singkawang, para tatung menunjukkan kebolehannya yaitu ilmu kekebalan. Banyak cara para tatung memamerkan keahliannya dalam atraksi tersebut, mulai dari menusuk bagian wajah dengan besi, kawat, tusuk kayu, hingga duduk di atas paku atau pedang yang sangat tajam. Kenapa gue bisa bilang gitu? Karena gue udah pernah nyobain nyentuh paku dan pedang yang mereka pake jadi tempat duduknya di tandu yang mengangkut mereka, gila tajem!

2016-02-21 10.37.12
INI BENERAN LOH!

Sebenernya, sejarah Cap Go Meh di Singkawang dengan dilakukannya parade Tatung ini ceritanya berawal dari masuknya orang Tionghoa dari Tiongkok yang datang untuk membuka tambang emas. Dulu ketika membuka perkampungan, Singkawang merupakan hutan lebat, dan ketika mulai tinggal dan menetap serta menikah dengan wanita pribumi, kemudian muncul lah wabah penyakit yang menimpa mereka. Karena waktu itu belum ada dokter, mereka pun melakukan ritual, untuk tolak bala dan mengusir roh jahat yang mengganggu. Karena terasa manfaatnya maka diabadikan sebagai perayaan Cap Go Meh tiap tahun. Dilakukanlah cuci jalan tiap tahun dengan pawai Tatung keliling kota untuk membersihkan segala bala dan roh jahat yang ada di seluruh kota.

2016-02-22 09.45.04

2016-02-22 09.46.39

Untuk Cap Go Meh tahun ini, terdaftar 600an Tatung yang berpartisipasi dalam perayaan festival Cap Go Meh. Jadi tiap yayasan atau klenteng mengirimkan satu tim Tatung beserta para pengangkat tandu. Sebelumnya mereka harus mendaftar dan terdaftar sebelum ikut beratraksi. Yang menjadi Tatung pun tidak bisa sembarang orang, hanya mereka yang memiliki panggilan sebagai Tatung dan juga dulunya leluhurnya pernah menjadi Tatung, yah Tatung by bloood lah ya.

Untuk batasan usia sih gak ada ya, karena kemarin  gue liat ada Tatung yang masih muda banget sampe yang tua, bahkan ada Tatung cewek juga! Selain itu bagi yang tidak ada keturunan juga bisa loh jadi Tatung dadakan yang nonton pun juga bisa, itu bagi mereka katanya yang ada jodoh dengan rohnya. GIMANA BISAAA? Gue langsung ngeri tapi penasaran denger itu loh. Gak lucu kan gue lagi nonton tau-tau kesurupan.

2016-02-22 09.46.26
Tatung Wanita Dayak

Terus ada gak sih ritual sebelum menjadi Tatung di perayaan Cap Go Meh? Ada dong..

Sebelum menjadi Tatung, ada syarat puasa yang harus mereka penuhi terlebih dulu. Di antaranya tidak boleh memak daging dan berhubungan tubuh selama minimal 1 minggu. Mulai tanggal 13 setelah Imlek, para tatung sudah mulai berdoa dan meminta restu  kepada para dewa di beberapa klenteng yang ada di kota. Nanti mereka akan melempar sejenis kayu yang jika muncul dua sisi yang sama, katanya mereka bisa tampil besok, tapi kalo gak jangan coba-coba.. Hahaha!

Para Tatung ini tidak ada yang terluka jika masih dalam kondisi kerasukan. Tapi ketika sudah menginjak jam 11.00 siang, mereka harus berhenti untuk menghargai umat lain (muslim) beribadah. Pernah ceritanya ada Tatung yang masih berkeliaran depan Masjid di waktu sholat, kemudian saat mengais peang di tangan, Tatung tersebut terluka. Selain itu katanya wanita yang datang bulan juga gak boleh deket Tatung itu, karena nanti menghapus kekebalannya.

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on

Saat wawancara dengan Bapak Bong Wui Khong, selaku wakil ketua panita Cap Go Meh 2016 juga menceritakan sama kami para blogger bahwa katanya kalo kita bisa minta diramal dan nanya-nanya soal karir, rejeki, jodoh dan lain sebagainya sama si Tatung loh. Waktu masa Pilkada juga banyak yang memanfaatkan Tatung untuk menanyakan peruntungannya loh ternyata. Penasaran mau nyoba?

A post shared by Adhitya Pratama (@siochoy) on


Perjalanan bersama para blogger ini terlaksana atas undangan Kementerian Pariwisata Indonesia. Foto-foto juga diposting di twitter dan instagram dengan hastag #PesonaSingkawang #PesonaPontianak #PesonaIndonesia. 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Tatung Singkawang

  1. keren ulasannya bro, salam kenal, jika berkenan singgah ke blog saya mhdanugrah.wordpress.com bro 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s