Kembar Thohir Selamatkan Hewan Khas Kalimantan Lewat The Bekantan Project

Awalnya, gue gak pernah punya bayangan mengenai sosok Gabriella Thohir dan Giovanna Thohir, dua orang kembar putri, anak dari Garibaldi (Boy) Thohir, Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, ketika mendatangi acara The Bekantan Twins Project yang diselenggarakan di @atamerica, 16 Juni 2016. Ternyata mereka berdua adalah sosok remaja cantik, anggun dan pintar yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan salah satu hewan khas asal Kalimantan, Indonesia, Bekantan.

2016-06-16 15.25.33

Hmmm.. Sebelumnya udah pada tau belum sih Bekantan itu apa? Bekantan adalah hewan endemik atau hewan khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Hewan primata ini memiliki ciri khas hidung panjang dan berambut agak emas kecoklatan. Kalo yang masa kecilnya sering berkunjung ke dufan sih gak akan asing lagi, secara hewan ini menjadi maskot dari taman hiburan tersebut.

bekantan-kalimantan
Bekantan (src: zonalibur.com)

Bekantan adalah salah satu satwa yang terancam punah dan jumlahnya semakin sedikit setiap tahunnya karena semakin berkurangnya habitat tempat mereka hidup. Jumlahnya sendiri, setelah gue tau dari acara #bekantantwins kemarin ternyata berkurang sangat drastis sejak  1987-2008 yaitu dari 260.000an ekor menjadi 25.000an ekor. Memprihatinkan banget gak sih? Sayang banget kalo hewan lucu dan khas dari Indonesia ini punah dan gak bisa dilihat sama anak cucu kita kan?

Nah, oleh karena itu, si Kembar Ghea dan Gabby, begitu mereka biasa disapa, membuat sebuah gerakan bernama The Bekantan Twins Project. Sebenernya sih proyek ini berawal ketika mereka duduk di bangku SMA dan mendapatkan sebuah tugas sekolah. Mereka yang bersekolah di SMA Global Jaya Internasional kemudian membuat sebuah proyek konservasi Bekantan dan melakukan observasi langsung ke habitas aslinya di Pulau Bakut, Kalimantan Selatan tahun 2013 silam. Nah, kebetulan observasi ini difasilitasi oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dan PT Adaro Indonesia Tbk, yang juga ternyata telah memiliki proyek konservasi Bekantan di wilayah pertambangannya.

2016-06-16 16.38.13

Pada Juni 2014 mereka berhasil menggalang dana pertama kali untuk proyek mereka melalui acara Activation Day di Kota Kasablanka dan sukses mengumpulkan hingga Rp. 100.000.000! Lebih kerennya lagi, penggalangan dana tersebut diinisiasi oleh dua orang gadis berusia 17 Tahun! Uang yang didapat itu mereka alokasikan untuk konservasi Bekantan melalui penanaman pohon yang menjadi sumber makanan dan penunjang habitat mereka di Pulau Bakut, Kalimantan Selatan. Ya gak heran sih berkat langkah  ini, mereka mendapatkan bebagai penghargaan baik nasional maupun internasional seperti ASEAN Champions of Biodiversity Awards 2014, Global CSR Award 2015 & Indonesia Biodiversitas Awards 2014.

Gue yang sore itu menyimak presentasi mereka dibuat kagum sama aksi nyata dua gadis cantik ini. Udah cantik, pinter, berjiwa sosial tinggi pula. Duh dek, jangan sampe salah pilih pacar ya. #loh

2016-06-16 16.47.34

Kini, Gabby dan Ghea yang menjadi mahasiswa University of California (UCLA) dan University of Southern Caifornia (USC), kembali hadir dengan proyeknya namun dengan tiga strategi inovatif yang berkelanjutan, yaitu dengan membangun kesadaran masyarakat untuk melestarikan bekantan, kerjasama dengan organisasi terkait untuk merealisasikan aksi nyata dalam penyelamatan Bekantan dengan menanam 500 pohon di pulau bakut, terakhir melakukan kolaborasi dengan berbagai instansi terkait untuk membuat pusat konservasi Bekantan di Pulau Bakut.

Nah, buat menyukseskan strategi tersebut si Kembar menggandeng www.kitabisa.com www.kitabisa.com sebagai platform crowd funding/penggalangan dana, untuk menggalang dana bagi proyek mereka. Nah dimulai saat kickstarter tanggal  6 Juni 2016 kemarin, target dana yang mau mereka dapatkan sebesar Rp. 200 juta nih. Kita bisa banget bantu aksi mereka dengan memberikan donasi, ataupun turut serta mengumpulkan donasi melalui htpp://bit.ly/bekantantwinsproject.

2016-06-16 16.42.39

Hah? Bantuin ngumpulin donasi Choy? Gimana bisa?

Iya jadi kamu jga bisa bikin proyek di dalam htpp://bit.ly/bekantantwinsproject untuk bantu Gabby dan Ghea ngumpulin dana untuk membangun  pusat konservasi Bekantan di Pulau Bakut, Kalimantan Selatan. Buat sebuah kampanye yang sekreatif mungkin deh, misal, kalo kamu berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 10juta, kamu mau manjat tiang sutet. Bisa aja.. Pokoknya sekreatif mungkin! Nah, bagi yang bisa mengumpulkan donasi paling banyak, 4 orang akan diajak Ghea dan Gabby ke Pulau Bakut untuk liat habitat asli para Bekantan loh! Tertarik gak? Hahaha..

ARII3167

Kalo gue buat satu campaign, kira-kira ada yang bisa kasih saran gue ngapain? 😀

Info lebih lanjut tentang proyek ini silahkan ke:

Facebook : https://www.facebook.com/bekantantwins/

Twitter : https://twitter.com/bekantantwins

Web: http://www.thebekantantwins.com

Donasi: htpp://bit.ly/bekantantwinsproject

2016-06-16 16.57.09

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s