Office Tour ke Indosat Ooredoo Smart Office Bersama Kampus Update

Bulan puasa, kita pasti udah gak asing dengan istilah bukber atau (buka bersama). Kegiatan yang mengutamakan kumpul-kumpul bersama rekan, kolega, sahabat atau keluarga terdekat untuk buka puasa bersama. Minggu lalu, gue mendapatkan kesempatan seru untuk buka bersama sambil menambah ilmu. Iya, beda dari bukber biasanya, kali ini gue bukber ke acara #KUTalk (Kampus Update Talk) dari Kampus Update.

Kampus Update sendiri bagi yang belum tau, adalah sebuah portal one stop information bagi generasi muda khususnya mahasiswa yang ingin mencari informasi magang, beasiswa, lowongan pekerjaan, kegiatan volunteer dan event-event seputar mahasiswa. Nah, Kampus Update juga sering dan rutin mengadakan kegiatan youth empowerment secara online maupun offline. Kalau online  mereka punya #KUChat, yaitu sebuah program live twitter chat bersama orang-orang yang inspiratif dan memiliki sesuatu yang bermanfaat yang bisa dibagi dengan para mahasiswa. Sedangkan untuk program offline Kampus Update punya program bernama #KUTalk, sebuah talkshow/seminar inspiratif yang menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada para mahasiswa yang datang. Kerennya, event #KUTalk ini GRATIS dan diadakan setiap bulan.

Karena gue sempat bekerja sebagai seorang freelance dalam manajemen Kampus Update sebagai Account Executive, gue pun kangen nostalgia ikutan #KUTalk. Kebetulan banget Mas Adit, selaku Founder Kampus Update ngajak gue buat ikutan #KUTalk yang akan diadakan di Indosar Ooredoo Head Office dengan pembicara-pembicara yang keren. Gak pikir panjang gue pun langsung mengiyakan.

2016-06-27 21.42.56

Selasa, 28 Juni 2016 gue berangkat dari Depok jam 1 siang menuju lokasi acara Kampus Update Talk yang ada di Indosat Ooredoo Head Office, Jalan Medan Merdeka Barat No. 21, Jakarta Pusat. Perjalanan siang itu cukup berat, dengan cuaca terik, macet dan gue naik motor, bahkan sempet nyasar juga sampe ke Stasiun Tanah Abang. Untung puasa deh, kalo gak udah ngomel-ngomel di jalan gue.

Pas banget sampe di sana langung diajak office tour untuk lihat-liha kantor Indosat Ooredoo Head Office yang baru. Dalam office tour ini, kami diajak melihat-lihat ruangan kantor di lantai 14, 16, 17 dan 18 oleh Mas Akbar dan Mas Boma dari Human Resource Division. Tiap lantai tersebut terdiri dari divisi yang berbeda, untuk lantai 18 di mana kamu mulai terlebih dulu perjalanan office tour kami adalah lantai tempat divisi Human Resource berada. Selanjutnya lantai 17 adalah tempat divisi Strategic & Experience berada. Turun satu langkah, langkah 16 yaitu divisi CMO & Customer Sercvice ValueTerakhir yang kami datangi adalah lantai 14 yang kalau waktu itu gak salah denger sih divisi Customer Service.

Empat lantai yang kami datangi saat office tour  adalah bagian kantor Indosat Ooredoo yang sudah direnovasi untuk dikembangkan sebagai smart office. Untuk perusahaan teknologi informasi dan komunikasi besar di Indonesia, udah sepantasnya sih Indosat Ooredoo untuk berbenah dan mengusung konsep smart office di kantornya sendiri, jangan mau kalah dong sama para pesaing.

Smart office sendiri merupakan sebuah konsep kantor cerdas yang memadukan teknologi, efisiensi, dan inovasi dalam menata gedung atau ruang kantor untuk membantu meningkatkan produktivitas, inovasi, minat kerja karyawan demi kebaikan perusahaan tersebut. Kadang konsep smart office ini juga sering dikaitkan green office atau kantor yang ramah lingkungan dan hemat energi. Biasanya, konsep kantor cerdas ini memberikan kenyamanan para karyawannya dengan membuat suasana kerja yang menarik, playful, santai dan tidak kaku seperti kantor pada umumnya.

Konsep kantor cerdas ini terlihat jelas di kantor Indoesat Ooredoo di lantai 18, 17, 16 dan 14. Setiap lantai memiliki tema yang menarik dan sangat ceria, tidak kaku dan menyenangkan. Seluruh lantai tersebut tidak lagi menggunakan kubikel sebagai area kerja  melainkan meja yang bisa ditempati siapa saja setiap harinya dan dapat berpindah-pindah. Untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga kebersihan, area kerja diberlakukan peraturan clean table, artinya setiap selesai bekerja, semua meja harus bersih dan rapi. Semua peralatan pribadi harus dimasukkan ke dalam loker dan tidak ada benda tertinggal di atas meja. Keesokan harinya, kita bisa berpindah-pindah meja kerja sesuai keinginan dan juga siapa cepat dia dapat hehe..

Untuk fasilitas, di setiap lantai juga dilengkapi dengan mushola, pantry beberapa alat bermain seperti mini golf, konsol game dan bahkan ada alat karaoke. Tentu semua itu dipakai saat lagi gak kerja dong haha!

2016-06-28 15.32.58

Menariknya, tema dekorasi tiap lantai itu ditentukan sendiri oleh para karyawannya. Mau tema apa dan nanti di setiap lantai itu ada sebuah ciri khas. Contoh, di lantai 18 saat kita masuk kita akan  melihat sebuah kotak telpon umum berwarna merah seperti yang ada di film-film, untuk lantai 17 ciri khasnya adalah kotak penumpang balon udara, di lantai 16 saat pertama masuk kita akan meihat sebuah ruangan berbentuk bola sepak sebagai ciri khasnya, terakhir di lantai 14, kita akan melihat sebuah potongan badan pesawat yang ternyata adalah badan pesawat asli lengkap dengan kursi aslinya, hahaha!

2016-06-28 16.02.11

Pengalaman seru bisa ikutan office tour ke kantor Indosat Ooredoo siang itu deh pokoknya. Setelah selesai keliling-keliling kantor, kami pun kembali turun ke Digi Planet Lt. 2 untuk mengikuti #KUTalk. Oh ya, pembicara sore itu adalah Mas Rene Suhardono, seorang penulis, life coach, public speaker yang dulu gue sempet baca dan beli bukunya “Your Job is Your Not Career”. Gue suka banget buku beliau yang itu, menginspirasi gue saat itu untuk gak berhenti berusaha meraih cita-cita yang sesuai sama passion gue. Selain itu ada dua pembicara lain dari Indosat yaitu Mas Imanastu Wicaksono dan Mas Rifqi Edrus. Gue sangat gak sabar menyimak talkshow mereka.

Pas lagi nunggu acara dimulai, gue dapat whatsapp kalo gue ternyata ada meeting kerjaan, gue lupa banget :)) Maklum kebanyakan acara bulan Ramadhan. Karena gue harus dateng di meeting tersebut, dengan berat hati gue harus meninggalkan #KUTalk bareng Kampus Update ini. Agak berat sih, tapi gimana dong udah kewajiban. Tapu untungnya gue masih bisa lah menyimak jalannya acara #KUTalk sore itu lewat twitter @KampusUpdate, jadi gak ketinggalan keseruannya deh haha! Semoga di #KUTalk selanjutnya gue bisa ikutan dengan pembicara yang gak kalah keren juga.. Hehe..

Terima kasih Kampus Update untuk pengalaman serunya!

Advertisements

One thought on “Office Tour ke Indosat Ooredoo Smart Office Bersama Kampus Update

  1. Udah lama lihat post ini di halaman reader ini dan pas klik…wow, keren banget sih officenyaaaa! Keren! Jadi ngiri ngeliat office sendiri yang penuh dengan kubikel dan dekor konservatif. Anyway, salam kenal ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s