5 Hal Jenius yang Bisa Kamu Lakukan dengan Aplikasi JENIUS

“Hal jenius yang bisa dilakukan dengan Aplikasi JENIUS? Maksudnya apa sih Choy?”

Haha, sabar-sabar nanti gue jelasin. Sebelumnya udah pada denger atau tau aplikasi bernama JENIUS belum sih?

“Belum..”

“Pernah sih, tapi gak tau itu apa..”

“Eh sering liat tuh di billboard dan koran”

Hmmmm masa gak pada tau sih? *pengen nyinyir tapi takut dosa*. Ok, sebelum gue jelasin lagi, coba tonton dulu video ini deh..

Oke, jadi singkatnya JENIUS itu merupakan sebuah aplikasi produk perbankan dari PT Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN), Tbk yang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyrakat Indonesia, khususnya generasi millenial dan generasi digital savvy dalam mengatur life finance mereka.

cqtocvmvmaexkpf

JENIUS telah diformulasikan sejak Januari 2015 dan selama 18 bulan menjalani masa pengembangan dan penelitian yang komprehensif. Beruntungnya gue adalah, pada saat pengembangan versi beta, gue dan beberapa teman blogger lain berkesempatan menjajal JENIUS terlebih dahulu sejak sebelum launching. Gue yang udah ngerasain JENIUS versi beta aja udah seneng banget dengan aplikasi perbankan yang katanya akan merubah kehidupan dan keuangan kita hanya dengan sentuhan jari di smartphone.

Tiga nilai utama yang tertanam dalam aplikasi JENIUS dalam menciptakan kemudahan dalam kehidupan keuanganmu, simple, smart and safe. Simple dalam artian akses keuangan hanya dalam satu sentuhan dan semua fungsi seperti tabungan, pembayaran, dan transaksi dapat dilakukan di satu tempat. Smart, karena JENIUS dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, terhubung secara pintar dengan ekosistem perbankan di Indonesia dan tumbuh berkembang seiring perkembangan hidup kita. Safe, karena JENIUS didukung oleh BTPN, terakreditasi oleh OJK dan dijamin oleh LPS. Selain itu, JENIUS juga menggunakan teknologi dan sistem enkripsi termutakhir serta sistem pengamanan ganda untuk jaminan keamanan. Jadi, temen-temen gak perlu khawatir masalah keamanannya, karena ini udah dijamin aman.

Aplikasi yang diluncurkan pada 11 Agustus 2016 ini udah bisa kamu download dan gunakan lewat smartphone kamu loh. Download aja langsung di Appstore dan Playstore.

dl-on-app-storeget-on-google-play

“Terus-terus, kerennya JENIUS ini apaan sih Choy sampe lo kayaknya suka banget?”

Hahaha, iya, gue seneng banget make aplikasi ini karena emang memudahkan berbagai kegiatan finance gue, mulai dari simpen uang, pembayaran, transaksi online dan lain-lain. Semuanya gue lakuin dengan mudah, cashless¸dan cuma dengan sentuhan jari di smartphone gue.

2016-09-08-20-54-43
Hi Jenius!

Nah, ini nih menurut gue, 5 hal jenius yang bisa lo dapetin dengan pakai aplikasi JENIUS:

1. Buka Rekening Bermodal Selfie

IYAAAA bener banget! JENIUS ini bener-bener jenius deh, kita jadi dimudahkan banget dalam membuka akun baru, jadi emang gak perlu ke bank sama sekali. Cukup download app-nya, isi data dengan lengkap, abis itu nanti diminta foto KTP, NPWP, dan tanda tangan yang kamu tulis di atas kertas putih, abis itu kamu nanti diminta foto selfie bersama KTP kamu [kalo kurang jelas tonton videonya di sini].

Udah.. Iya, udah gitu doang. Gue aja kaget pas pertama kali bikin akun di JENIUS gue, kok gampang banget. Dengan begitu doang data kita udah tersimpan di database BTPN. Jadi gak ada tuh namanya ribet harus datang ke bank, ngantri, lama pula. Ini gak sampe 10 menit selesai!

Processed with Snapseed.
Yeay! I got my JENIUS!

Buat kita yang masih muda pastinya ini menarik banget dong, mengurangi waktu yg kita perluin buat ke bank. Selain itu gak butuh tuh namanya setoran awal yang sampe ratusan ribu. Gak perlu, cukup download aplikasi aja. Oh ya, kalo gak punya NPWP gapapa kok, bisa nyusul itu, gue aja belum masukin NPWP karena kartunya rusak belum ganti. Tapi sampe sekarang baik-baik aja.

Ini menurut gue salah satu hal yang penting dan asik sih. Kenapa? Orang tua jadi bisa bikinin akun bank untuk anaknya dan nanti bisa mereka kontrol sendiri lewat smartphone. Orang tua juga jadi lebih mudah kasih uang jajan ke anak, tanpa harus ribet mikirin “kapan sempet ke banknya buat buka rekening?.

2. Create Your Own Unique $Cashtag (Mine is $siochoy)

“Hah? Apaan tuh $cashtag?”

Pernah denger namanya Hashtag (#)? Nah, ini salah satu hal keren dan terobosan baru yang gue baru liat ada di Indonesia dan cuma ada di JENIUS. $Cashtag adalah pengganti nama dan nomer rekening kamu. Iya, tentu kamu bakal dapetin nomer rekening untuk transaksi dengan bank lain, namun di sini kamu juga diberi kebebasan menciptakan $cashtag dengan namamu atau nama unik lainnya untuk bertransaksi dengan sesama pengguna JENIUS. Jadi, kamu gak perlu repot ngetik nomer rekening yang biasanya susah kita inget, cukup pakai $cashtag aja.

Contoh nih, “Choy, gue mau beli celana Legging di Choystore lo dong, tapi pake jenius yah?”, “Oh boleh banget, kirim aja ke $siochoy ya..”

Nah, temen gue tinggal masukin aja tuh $cashtag saat mau kirim uang, voila! Uang terkirim dengan cepat, hehehe.. Intinya, $cashtag ini sejenis username lah untuk rekening kita. So, pikirin baik-baik nama apa yang keren untuk cashtag kamu.

3. The Magic Cards!

Ooooooo ini dia hal yang paling gue suka sekali banget sangat! *halah* Iya, jadi nanti ketika kamu mendaftar lewat aplikasi JENIUS setelah dua jam, crew JENIUS akan menghubungi kamu untuk perihal pengiriman kartu debit, kapan, dan dikirim ke mana. IYA KARTUNYA DIKIRIM LOH! Keren banget emang JENIUS ini hahaha.. Jadi nanti kita akan didatangi kurir yang langsung mengirimkan kartu debit VISA ke alamat kita, dan nanti tinggal diverifikasi dengan tanda tangan dan foto KTP asli saat penyerahan.

unnamed

Saran aja, karena mungkin lagi banyak yang daftar JENIUS juga, kalau dalam 2 jam lebih belum dihubungi, inisiatif aja hubungi call center JENIUS Help 1500365, atau mention aja adminnya di twitter @JeniusConnect atau LINE (@)JeniusHelp. Mereka akan dengan senang hati bantu kok.

Eits, gak hanya itu loh.. Selain kartu VISA debit berbentuk fisik, kamu juga akan mendapatkan e-card dengan nomer berbeda dengan m-card (debit)) kamu. Iya, di JENIUS itu ada dua jenis kartu yang akan kamu dapatkan, main card (m-card) berbentuk fisik, dan e-card di dalam aplikasi.

Kartu debit yang kamu gunakan ya fungsinya sama aja seperti kartu debit lain, untuk transaksi perbankan, tarik tunai, dan hal lainnya di ATM. Nah, kerennya, baik m-card maupun e-card bisa dipergunakan layaknya kartu kredit! Ini kenapa gue sebut magic cards hahaha! Selain gak ada biaya administrasi kartu bulanan, dua kartu JENIUS ini fungsinya keren banget!

FYI aja yah, kamu bisa melakukan transaksi dan pembayaran online layaknya kamu punya kartu kredit, asalkan saldo di masing-masing kartu mencukupi. Beberapa layanan online yang udah bisa gue gunakan dengan kartu m-card dan e-card JENIUS di antaranya:

M-Card: Uber, Paypal.
E-Card: Grab, Appstore/iTunes, Spotify, Netflix, PokemonGo (beli coin), pasang iklan di Instagram dan FB.

Bahkan lebih banyak lagi deh selain yang di atas itu. Bagi gue ini benar-benar terobosan baru banget,  bank reinvented dan sangat bermanfaat bagi kita-kita yang emang belum bisa atau boleh memegang kartu kredit, namun kadang pengen bertransaksi untuk hal-hal tertentu dengan kartu kredit. Tapi dengan catatan ya, di dalam rekening kartu m-card dan e-card harus ada saldonya saat bertransaksi.

Satu hal penting lagi yang perlu kamu tau, baik e-card atau m-card yang kamu punya bisa kamu blokir dan buka blokir kapan pun kamu mau. Jadi, misal kartu fisik hilang, kamu tinggal blokir dengan aplikasi, dan nanti kamu tinggal lapor CS untuk dikirim yang baru deh.

4. Save It with Dream Saver

Punya mimpi pengen beli suatu barang? Atau ada wishlist pengen liburan ke Eropa? Tenang, JENIUS bisa bantu kamu mewujudkannya dengan fitur Dream Saver. Jadi, misal, gue pengen banget beli Macbook Pro 13 inch 256GB MF840 *kode*, terus gue masukin aja di Dream Saver harga belinya dan isi uang yang gue punya berapa sekarang, terus mau beli itu kapan.

unnamed-4

Nah, nanti aplikasi itu akan menghitung kekurangan dari harga tersebut dan dibaginya dalam hari. Jadi nanti ketauan deh, berapa nominal yang akan dipotong dari rekening kamu untuk masuk ke Dream Saver selama-lamanya hari yang udah kamu tentukan. Dream Saver ini memiliki bunga 5% per tahun dan bisa diberhentikan kapan aja loh tanpa ada potongan.

5. Hangout Gak Pake Ribet dengan Split Bill

Kadang nih ya, kita ada acara ngumpul bareng temen-temen, terus harus makan di suatu tempat. Tapi karena ribet kalau harus patungan rame-rame untuk bayar, seringnya ditalangin dulu kan pake duit yang lain? Nah, kadang nih ya, kita suka bingung gimana nagih uangnya, kalo gede sih enak, lah kalo gak seberapa? Ya tapi kalo banyak kan nyesek juga ya cuy! Hahahaha!

JENIUS kasih solusinya nih, dengan fitur Split Bill, kamu dan temen-temen JENIUS kamu bisa membagi patungan biaya apa pun ke dalam aplikasi, tinggal masukin jumlah tagihan, terus mau dibagi ke berapa orang, nah nanti si aplikasi akan menghitung sendiri masing-masing harus bayar berapa. Terus, bisa juga tuh diatur secara manual, per orang kena berapa. Abis itu, tinggal kirim aja deh tagihannya, nanti mereka akan menerima notifikasi dan tinggal konfirmasi aja untuk bayar lewat aplikasinya. Cihuy banget gak sih 😀

Nah, itu dia lima hal yang paling jenius menurut gue yang bisa kita lakuin dengan JENIUS App. Sebuah terobosan yang memudahkan, iya memudahkan kehidupan finansial kita dan juga mempermudah berbagai kegiatan kita. Bener-bener menjawab kebutuhan masyarakat digital savvy banget sih menurut gue. Perubahan dari cara kerja bank konvensional yang berorientasi pada pengguna, memenuhi dan menjawab kebutuhan penggunanya. Sebuah cara baru menikmati aktivitas perbankan. It’s a bank reinvented that will change our life fincance.

Penasaran pengen pake JENIUS ‘kan? Ya udah coba download dan aktivasi aja, GRATIS kok.

Jangan lupa buat $cashtag sekeren mungkin dan ikutan #CashinCashtag Challenge, akan ada hadiah senilai Rp 1.000.000 loh untuk 100 orang dengan $cashtag paling keren! Info selengkapnya cek aja di sini jeni.us/CashtagChallenge. Oh ya, bagi yang baru pertama mengaktifkan JENIUS dan $Cashtag, akan mendapatkan paket data sebesar 5GB gratis (khusus XL, Indosat Prabayar dan Telkomsel Prabayar).

unnamed.jpg

Hihihi, nunggu apa lagi? Ayo, buat akun JENIUS-mu sekarang, karena dengan Jenius kamu juga bisa ngerasain berbagai keuntungan menarik di event #BrightspotXJeniusLIVE, 30 September – 2 Oktober 2016 nanti di Senayan City! Ketemu di sana ya! Info lengkap tentang #BrightspotXJeniusLIVE, bisa kamu cari tahu di sini.

Download JENIUS di Appstore dan Playstore sekarang..

dl-on-app-storeget-on-google-play

FLASH GIVEAWAY #BrightspotXJeniusLIVE OPENING PARTY!

Nah, Guys gue punya 5 FREE PASS PRIVATE INVITATION  untuk Opening Party-nya #BrightspotXJeniusLIVE besok, 29 September 2016, mulai 19.00 bagi kamu yang berada di wilayah JABODETABEK.

Caranya gampang banget! Kamu cukup komentar di postingan blog ini, dari 5 fitur yang gue ceritain, fitur mana yang jadi favorit atau akan jadi favorit kamu kalo punya JENIUS? Alasannya apa?

Formatnya:

Cukup tulis,

Nama:

E-mail:

ID Twitter:

Fitur favorit & alasan:

Gue tunggu sampai pukul 22.00 tanggal, 28 September 2016. Iya, malam ini!

Pemenang akan gue mention di Twitter dan email di pagi hari pukul 08.00 ya..

Ditunggu ya!

Advertisements

78 thoughts on “5 Hal Jenius yang Bisa Kamu Lakukan dengan Aplikasi JENIUS

  1. Ihhh jadi beneran penasaran. Selama ini kita ribet bgt utk beli tiket yg nominalnya gede karena kartuku limitnya kecil haha. Kalau pakai ini bisa dimasukin ya dana yg diperlukan dan tinggal debit aja. BTPN kan ya?

  2. Nama: Erika

    E-mail: ka.vuje@gmail.com

    ID Twitter: @ikavuje

    Fitur favorit & alasan: Favoritku fitur SaveIt, rasanya kayak bisa ngasi target ke diri sendiri dan bisa meramal masa depan ahaha. Kadang nabung itu bisa terasa berat kalau gak “galak” ke diri sendiri. Fitur ini semacam itu, tapi juga bikin jadi lebih semangat. Nabung jadi asik!

  3. Nama: Casandra Gitaputri

    E-mail: casandra_gitaputri@yahoo.co.id

    Twitter: @CasandraGP

    Hi, Ka Adit! Fitur favorit gue yang nomor 4. Yes, save it with Dream Saver!! First, I would like to say thank you for Jenius creator haha. Fitur ini sepertinya bakal menjawab kesusahan gue buat menabung terutama di saat cicilan2 mulai banyak haha. Apalagi, buat gue yg suka traveling dan pengen traveling tiap bulan. Nah, dengan adanya fitur ini, gue jadi yakin bisa traveling tiap bulan karena uang gue bisa tersisihkan dengan mudah! Yeay

  4. @andreadiandra
    Andrea Diandra

    OMG akhirnya ada kartu debet gak ribet kaya gini! Dari dulu bermimpi2 bisa bayar netflix, spotify, appstore tanpa minjem CC card patjar. Aku sebenernya paling gak mau bikin CC card, takut kebablasan belanja nya 😂 Jenius bgt sih asli yang bikin inovasi kaya gini ❤️

  5. Nama: Agil Seto Kuncoro

    E-mail: agilseto@gmail.com

    ID Twitter: @agilseto

    Fitur favorite dari Jenius ini tiada lain dan tiada bukan ialah e-card/m-card!
    Di zaman yang serba cashless kini merupakan suatu terobosan bagi Jenius untuk memudahkan segala transaksi yang serba digital; tanpa ribet, tanpa lalala-lilili, criiiing ~~~ segala pembayaran langsung teratasi!

    #BrightspotXJeniusLIVE

  6. Yoga Purnama Putra

    yogapurnamaputra@gmail.com

    @YP_PP

    Ikut komen argghh.. siapa tau bisa ikutan party-nya.. jadi gini mas ochoy, fitur jenius yang mungkin bakalan berguna banget buat aku adalah no. 3 khususnya E-Card. Gw pengen banget belajar ngiklan di Facebook tapi sampe sekarang belum sempet karena nggak punya rekening bank yang udah jadi mitra facebook. dan gw nggak ada waktu buat bikin rekening bank yang bersangkutan karena kalo siang kerja.. ya semoga dengan fitur e-card dr jenius gw bisa belajar ngiklan di facebook. hihihi

  7. Hi bang ochoy..
    Nama Gue Adnan
    adnanalghifari94@gmail.com
    Twitter gue @adnanymous

    Gue suka banget sama fitur cashtagnya Jenius, kalau bank lain biasanya gue nyimpen no rekening gue di hp, soalnya gak hapal..jadi agak ribet gitu wkwkwk, nah semenjak gue pake Jenius gue tinggal kasih aja cashtag gue ke orang yang mau transfer ke rekening jenius gue, as simple as that.. by the way cash tag gue $gifcash, kali aja ada dermawan yg mau transfer ke gue kan *lah

  8. Numpang nanya kk
    Trus cara kita nabung uangnya gimana y ?
    Kan biasanya kalau kita mau nabung uang ke bank harus ke banknya langsung dan bawak buku tabungan

    1. Halo.. Untuk nabung kamu bisa melakukan dengan transfer lewat atm atau m-banking bank lain.

      Atau kalau mau store tunai baru bisa di Kota Kasablanka.

      Saat ini masih belum bisa menabung dengan datang ke cabang terdekat..

  9. didepan kartu e-card saya ada nomor **** **** **** 7776
    cara untuk tahu nomor keseluruhan dari nomor tersebut bagaimana ya mas?
    kalau untuk m-card kan kita bisa lihat dari kartu fisiknya

  10. Apahkah keamanan dari jenius ini bisa di jamin.
    Mengingat begtu maraknya penyalah gunaan atm oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

    Tolong jelaskan sistem keamanan dri jenius ini?

  11. mau tanya nih mas, kalau pakai jenius apa bisa penarikan tunai pakai kartu itu?? atau cuma buat transaksi aja??

  12. Apakah Bisa Kartu M Card nya atau X Card nya dipakai untuk transaksi di Mini Market gan ? debit gtu .
    Koq saya pas coba kasir alfamart nya malah bingung, dan akhirnya dia bilang gk bisa, saya akhirnya cash aja.
    Tapi pas saya chat ke cs indomaret, katanya bisa dan tdk dikenakan biaya. agan udah coba blum ?
    oh ya.. Add ya salam kenal nya, dan add saya yah $wahaboni
    Jenius keren banget…

    1. Halo.. Salam kenal, sejauh ini sih saya hanya sering pakai untuk transaksi online. Tapi karena ini adalah kartu visa, seharusnya bisa kok. Cuma mungkin Mas/Mba Alfamartnya masih belum familiar dengan Jenius. Coba Mas bisikin aja di kuping Mas dan Mba Alfamartnya “Bisa kok..percaya deh..”

  13. Min saya mau tanya ni, saya mau login aplikasi jenius tapi saya lupa password nya sama sandi keamanannya jadi kalo mai masuk harus gmana nih min saya bingung

  14. Bang ocoy. Kalo mau transf pake jenius ke bank lain gimana. Suka ada tulisan masukan kode password otentikasi. Itu password yg mana ya. Udah semua password saya pake gak bisa2

  15. Bang ocoy. Kalo mau transf pake jenius ke bank lain gimana. Suka ada tulisan masukan kode password otentikasi. Itu password yg mana ya. Udah semua password saya pake gak bisa2

  16. Mantaap jiwa bang sharenya aduh ketinggalan baangeet nih ane baru ngeh “beginian” huhu, ada kontak BBm, Line, atau WA nya gak bang mau nanya-nanya banyak siapa tau berkenan seputar “beginian” nih bang hehe😁

    Nama : Agitya Gigih Pradana
    Email : agityagp@gmail.com
    Id twitter : @gitNgeprul (tp udah jarang dibuka)

  17. Hai mas ochoy..
    Aku msh bingung nih soal aplikasi jenius nya..
    Setelah kita download dan registrasi akun jenius,bikin nama $cashtag..trus kn dapet saldo awal Rp.50.000..
    Trus bingungnya kita cara nabung atau top up saldo kita bgmn??berarti harus ada bank yg hrs kita dtgin dong??apa kita bs masukin di setoran tunai bca,atau mungkin melalui teller gitu??

    1. Halo… Kamu bisa menabung dengan melakukan transfer dari rekening Bank lain atau mendatangi beberapa counter Jenius di beberapa mall besar di Jakarta, saat ini Jenius sih masih belum dapat setor tunai dari cabang BTPN terdekat.. Hehe semoga bermanfaat.

  18. Ini kartunya ada yang credit card gka sih mas, soalnya saya gak punya kartu kredit,
    saya maunya ada, cuma ribet minta ampun.
    apa ada gak mas, biar saya juga bisa nyicil kalau perlu.
    terima kasih.

    1. Hahaha sayangnya belum Ada Mas. Ini bukan buat cicilan sih. Lebih ke nabung dulu terus nanti kartu visanya bisa dipake di beberapa merchant yg harus pake CC.

  19. Mas, berarti saat pembayaran online kan suka pilih metode credit card atau debit card
    kalau saya pilih yang credit card terus masukin nomor kartu jenius bisa dong ya?
    Ini seolah olah credit card tapi saldonya isi sendiri gitu kan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s